tymask.ono

12 May, 2008

Dinilai Bahaya, BPOM Tarik 34 Merek Kosmetik

Filed under: Health — tymask @ 8:24 pm

BANDAR LAMPUNG (Lampost): Sekitar 34 produk kosmetik yang beredar di pasaran segera ditarik Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Bandar Lampung. Hal itu berkenaan adanya kandungan bahan berbahaya dan produk tanpa nomor registrasi. Beberapa di antaranya adalah merek-merek yang cukup dikenal. Antara lain, Ponds dan Placenta.

Kepala Bidang (Kabid) Pemeriksaan dan Penyidikan (Rikdik) BPOM Bandar Lampung Hartadi, Kamis (8-6), mengatakan sebagian besar produk yang dilarang beredar itu merupakan krim pemutih wajah.

Produk kosmetik itu mengandung zat kimia berbahaya. Seperti, air raksa, hidroquinon, rhodamin, merah K10 dan K3, nipasol, dan metanol. “Kosmetik itu dilarang beredar karena high risk (risiko tinggi), sehingga harus segera ditarik. Seperti yang diketahui, bahan merkuri lama dilarang penggunaannya untuk kosmetik. Sebab, jika terakumulasi. dapat menyebabkan kanker, melumpuhkan saraf, merusak ginjal dan otak,” kata Hartadi.

Sedangkan penggunaan metanol dan nipasol sebenarnya diperbolehkan sepanjang tidak melampaui kadar yang ditentukan. Sementara itu, air raksa, merah, dan rhodamin dilarang digunakan dalam produk kosmetik. Untuk produk yang tidak terdaftar, kata dia, memiliki resiko tinggi karena tidak jelas kandungannya.

Karena itu, BPOM mengimbau masyarakat agar berhati-hati membeli produk. Barang yang terdaftar akan memiliki nomor registrasi POM CD diikuti 10 digit untuk produk dalam negeri. Sedangkan produk luar negeri memiliki nomor registrasi POM CL diikuti 10 digit.

“Kebanyakan produk yang tidak teregistrasi itu dijual di pedagang emperan yang tidak mengambil produk dari distributor,” ujar dia. n NOV/E-1

(Tabel)

Produk yang mengandung bahan berbahaya atau tidak terdaftar sehingga dilarang beredar.

1. New Like Whitening Day Cream, produk Kaoshiung City, Taiwan

2. Whitening Cream Yoko, Thailand

3. Produk QF

4. Cream Placenta Kuning (E)

5. Primera Whitening Cream Night Cream, Koashiung City, Taiwan

6. Clariderm Astringent 3, Calriderm Manila, Filipina

7. Meixue Series Lipliner Pencil, buatan Cina

8. Kaylan Aloe Lipgloss Lustrous dan Long Lasting No.4

9. Diamond Hengtang Eye Shadow dan Lipstik

10. Pond’s White Beauty Complete, PT Unilever (Malaysia) Holding Sdn BHD

11. Pond’s white Beauty Cream PT Unilever (Malaysia) Holding Sdn BHD

12. Midle Nail Polish

13. Just Miss Eye Shadow

14. Midle Nail Polish (44)

15. Pond’s Complete Beauty Care

16. Pond’s Colorfix Lipstick

17. Pond’s Fresh Eau de Parfume

18. Pond’s Complete Beauty Care, PT Unilever Singapura Plt. Ltd 320

19. Pond’s Whitening Care Beauty Cpmlex, PT Unilever Australia

20. Pond’s White Beauty Hand and Body, Lever Feberage Hamburg Elida Faberege, Germany

21. Just Miss Eye Shadow (2), Cosmic Cosmetic, China

22. Marimar 3in1 Make Up Kit, Two Way Cake, Blusher, & Eye Shadow 621

23. Marimar Many 15 Colour Make Up Kit Powder Cake dan Eye Shadow

24. Hofine Eye Shadow/Lip Gloss/Powder Cake, Shantou Hengfang Cosmetics Enterprise Co. Ltd

25. Pond’s Beauty Care Make Up With UV Whitening System

28. Pond’s Beauty Care Make Up, PT Unilever (Malaysia) Holding Sdn BHD

29. Qian Yan Cream

30. RDL Whitening Treatment, RDL Pharmaceutical Lab. Inc, Davao City Philipina

31. Erase Freckle Cream, Sensido Co. Ltd No.191 Chih Sien 1st RD 800

32. Quince-R only 7 days, FM-UD-SBY

33. Yoko Whitening Cream, Siam Yoko Co. Ltd, Thailand

34. Lyolan Sport Removing and Whitening Milk Cleanser

About these ads

21 Comments »

  1. Aduh aku trtipu. .
    Tman q rec0mend prawatan d0ktr. .
    Aq ikut trnyta dy ksh aq clariderm astringent 3, aq gk tau aq pakai aja,
    eh pakai clariderm astringent 3. .
    Sdh 5 kali pakai. .
    kulit wajah ku sprt luka bakar. .
    Menurutnya harus dteruskan,tp aq tkt tmbh parah,
    bg tmn2 tlng ksh saran,aq hrus bgaimana?

    Comment by Dina — 10 July, 2010 @ 12:38 pm

    • teruskan saja
      itu reaksinya
      orang mudah digobloki

      Comment by bayu — 17 October, 2010 @ 5:26 pm

  2. Jd bingung…Pengin putih tp banyak resikonya.kasih saran dong pemutih alami yg ga berbahaya…

    Comment by indah — 10 August, 2011 @ 12:16 am

    • Aq lg nyoba pakek yg alami sis…. whitening face spa…….yg masker bau susu jd lbh tenang pakeknya

      Comment by luqi afifi — 27 June, 2013 @ 10:50 am

    • biosoft JRG aja sist bagus :)

      Comment by Fatimah Az-Zahra — 26 April, 2014 @ 2:07 pm

  3. biasanya krim pemutih hampir semuanya pakai merkuri.. soalnya menghambat melanin. Paling baik ya menerima kulit wajah apa adanya dan pakai sunblock.

    Comment by stevani — 3 February, 2012 @ 10:43 pm

  4. kalau cream algae atau adha tuh gimana, mengandung bahan berbahaya gak ya? Soale aku pakai. Cuma kok hasilnya ruarrr biasa. Dulu pake cream dr dokter aja ga sekinclong pake algae

    Comment by simply woman — 6 February, 2012 @ 10:41 pm

    • Tergantung kulit, aku pernah pake ternyata tahan,,kulit bersih bercahaya, jerawat cepat ilang,,baeknya kalo kulit ngga tahan penggunaan secara bertahap,,yg paling efektif gunakan malam hari sebelum tidur.

      Comment by flosevicLO — 6 February, 2013 @ 10:38 am

  5. hmpir 1thun muka sya berjerawat gara2 pke krim pemutih PLACENTA sya tlah coba brpa obat tpi ga smbuh2.
    gmna cra mgatasix

    Comment by Fahmi@bayhaki — 3 June, 2013 @ 11:21 am

  6. 6. Clariderm Astringent 3, Calriderm Manila, Filipina .
    Tp knp msh beredar d pasaran ya ? Malah byk peminatnya.
    Pantesan ketika d pakai wajah memerah dan kulit mengelupas. Berbahaya kah ?? Thkyu

    Comment by Ria — 14 September, 2013 @ 12:59 am

  7. krim baby pink sucofindo itu bahaya gak untuk ibu menyusui?

    Comment by tika — 5 November, 2013 @ 8:14 pm

  8. aslmualaikum.sy yanti kelas 3 smp.
    sya pake qianyan uda 1th lbh sjak kls 2smp.tpi slma sya pakai,tiap kena air lalu dkeringin kult wjh sya jd sangat kering,pcah”kulit menglupas, dn kult jd keriput.pori” membsar.tiap hari hrz dpakai,pokoknya setiap hbs trkna air.dan sy jd seprt kcnduan.
    Hsilnya Terlht stlh bebrapa bln.saat krimnya stlh di olesin,wjah sy jd lbh pth,tp bks jrwtny gx bsa ilang.dan ini juga gak bsa smbhn jrwt sya.dan wkt pertma di pakae,lengket dan trasa spt tdk menytu pd kult.
    ini apa pnyebabnya dan bagaimana untk mengatasinya agar wjah sya jdi bgus lg ?mhn d jawab ya. :)
    trimaksh.

    Comment by yanti jalc0mcity — 2 January, 2014 @ 2:30 pm

  9. . ass
    sya sdh hampir 1 thn hingga skrng msh memakai pemutih clariderm astringent 3 , awal a emg panas , pdih ,kulit mnglupas , merah2 dan sampe skrng pun msh sring nglupas , hasil.a emang agk memuaskn tp stlh brhenti pmakaian wjah sya pun lbh kusam dri sblum pmakaian , tolong solusi.a , trims

    Comment by riyah — 10 January, 2014 @ 6:48 pm

  10. pakai saja Amoorea. bahan alamai, amoorea juga bisa detoks wajah kita akibat krim2 berbahaya yg di jual di pasaran. sudah mengantongi BPOM RI. inbok fb saya lebih detailnya https://www.facebook.com/ atau sms ke 082141862054

    Comment by cece ramadhan — 25 February, 2014 @ 12:20 am

    • *Amoorea membantu kulit yg ketergantungan dgn krim2 pemutih berbahaya.. Stop HQ dan mercury yaa cantik..!Dgn treatment amoorea..({})sering mendapatkan konsumen amoorea yg mengalami detox hebat dahsyat dan spektakuler jumlah jerawatnya yg muncul???sy yakin mrk pst protes dan panik. dari pengalaman spt itu, sblm teman kita membeli amoorea, blg ke dia *kamu pasti akan keluar jerawat!kulitmu pst akan bruntusan!itu jika kamu sebelumnya menggunakan krim2 yg mengandung logam berat selama berbln2 bahkan tahunan* ….*tapi kalau kamu hanya gatal dan kluar bruntus, bersyukurlah, tnyata krim yg kamu gunakan sangat aman dari bahan kimiawi yg membahayakan kulit* …setelah itu, biarkan dia memutuskan sendiri..berani atau tidak menjalankan proses detox nya:) lalu sarankan dia, pakailah sabunnya bersama suami dan anaknya yg msh kecil, biar dia yg menimbang sendiri..apakah suami dan anaknya juga keluar jerawat bernanah seperti dia…kl sy sih yakin, suami dan anaknya pst tdk mengalami detox..kecuali mrk sering terkena debu dan matahari..itupun hanya berupa gatal dan bruntus saja munculnya dan hanya semingguan saja..berbeda dengan kita yg kluar jerawat bernanah hingga mingguan lamanya bahkan ada yg sampai dua bln…ehmmm..knp? krn kita ingin cantik dan mulus, maka kita srg termakan iklan menawarkan krim yg menjanjikan memutihkan kulit dlm sekejab saja^_^setelah krim tsb imun di kita, makan kita beli lg merk lain yg jg menjanjikan hal yg sama, lalu 5bln kemudian kita ganti lagi krimnya..hehehe…semua berbagai macam toxin menumpuklah di kita..hayoooo…apa yg terjadi? yahh..lihat saja nanti setelah 4hari anda pakai amoorea, apa yg akan dikeluarkan dr kulit wajah kita….jadi…mulai skr, sayangilah kulit kita dan…kembalilah ke jalan yg benar,maksudnya…benar dan cermat memilih produk^_^

      Comment by cece ramadhan — 25 February, 2014 @ 12:31 am

  11. cream apa si buat ngilangin jerawat tapi ga ketergantungan

    Comment by chacha — 31 July, 2014 @ 3:59 pm

  12. kalo lotion hb whitening gimana ??? berbahaya g sih????

    Comment by mira — 11 August, 2014 @ 12:21 pm

    • Ya neh aq juga pke lotion hb whitening kira2 bahaya ga sih?

      Comment by Lie dharmawan — 21 September, 2014 @ 5:59 pm

      • Hasilnya gmn pake hb whitening?

        Comment by sari — 26 October, 2014 @ 11:04 am

  13. Ia .saya juga pakai clariderm streng 3 .. Kulit saya mengelupas dan setiap pake alkohol merek itu uuh perih’nya banget .,

    Comment by Resty — 11 September, 2014 @ 7:04 pm

  14. Saranku stop pake krim2 yg bgituan,,aq ud merasakan sndri,,sejak pake amoorea muka jd enkkan ga berat krn efek krim yg mengandung logam berat,,mulai syangi kulit qt aja yuk,,,lyak ny kulit byi,,amoorea solusi ny,,invite aq aja 28bb18e0

    Comment by tien — 30 September, 2014 @ 9:20 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Silver is the New Black Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: