tymask.ono

26 March, 2008

Sejarah Bumi Kita

Filed under: World best — tymask @ 5:56 pm

https://i1.wp.com/img155.imageshack.us/img155/608/formingsolarsystemxs0.jpg

4.5 milyar tahun sebelum masehi.
Bumi Terbentuk.

3 milyar tahun sebelum masehi.
Tanda awal kehidupan terbentuk (bakteri and ganggang hijau-biru ) tampak di lautan.
https://i2.wp.com/img217.imageshack.us/img217/2556/earthcoretu1.gif

600 juta tahun sebelum masehi.
Tahun tertua dalam sejarah, yang diketahui manusia berdasarkan bukti fakta fosil yang dilacak dan ditemukan oleh manusia
https://i1.wp.com/img233.imageshack.us/img233/6061/ardipithecusramiduseb7.jpg

4.4 juta tahun sebelum masehi.
Munculnya hominid fosil (Ardipithecus ramidus) ditemukan di Aramis, Ethiopia, 1994.

4.2 juta tahun sebelum masehi.
Australopithecus anamensis ditemukan di danau Turkana, Kenya, 1995.
https://i0.wp.com/img141.imageshack.us/img141/6610/lucync8.jpg

3.2 juta tahun sebelum masehi.
Australopithecus afarenis (nicknamed “Lucy”) ditemukan di Ethiopia, 1974.

2.5 juta tahun sebelum masehi
Homo habilis (“Manusia berkemampuan”). Otak pertama berkembang; dipercaya telah menggunakan peralatan batu.
https://i0.wp.com/img383.imageshack.us/img383/5568/homohabilisfi9.jpg

https://i0.wp.com/img361.imageshack.us/img361/4346/homoerectus176dz9.jpg

1.8 juta tahun sebelum masehi
Homo erectus (“Manusia Tegak”). Ukuran otak 2 kali dari Spesies Australopithecine.

1.7 juta tahun sebelum masehi
Homo erectus meninggalkan Afrika.
https://i1.wp.com/img361.imageshack.us/img361/7760/homosapiens1mx6.jpg

100,000 sebelum masehi
Munculnya Homo sapiens Jenis Baru ( Manusia awal ) di afrika utara.

https://i0.wp.com/img179.imageshack.us/img179/3364/42640276893448f3635wp7.jpg

70,000 sebelum masehi
Neanderthal man (sudah dapat menggunakan api dan peralatan lebih maju).

35,000 sebelum masehi
Neanderthal man dikalahkan Homo sapiens baru<  Manusia Baru >( Termasuk didalamnya Cro-Magnon man )
https://i1.wp.com/img356.imageshack.us/img356/7793/scenecromagnonbigaf8.jpg

18,000 sebelum masehi
Cro-Magnons Punah karena budayanya yang kanibal dan beringas.
https://i0.wp.com/img177.imageshack.us/img177/980/beringmigrationns0.jpg

15,000 B.C.
Migrasi awal melalui Lembah Bering ke Amerika.

10,000 B.C.
Dimulai Manusia Hidup dan tinggal secara Nomaden ( berpindah-pindah ) dalam dunia PeradabanTua.

https://i0.wp.com/img218.imageshack.us/img218/8853/1aprienezh9.jpg

10,000–4,000 B.C.
Hidup Berkelompok secara nomaden lambat laun berkembang menjadi  menetap. Kota dibangun pertama kali di zaman ini dan pengembangan teknologi manusia dimulai seperti roda, puisi, serta pengembangan metode dalam bercocok tanam seperti di Mesopotamia dan sekitarnya.

5500–3000 B.C.
Budaya Pradinasti Mesir berkembang (5500–3100 sebelum masehi); mulai bercocok tanam (5000 sebelum masehi). awal diketahui peradaban pertama adalah musim panas (4500–4000 sebelum masehi). Tahun paling awal diketahui dalam sejarah manusia adalah Kalender Mesir  (4241 sebelum masehi). Tahun pertama dari bangsa Yahudi (3760 B.C.). Pertama kali tulisan terlihat (3500 sebelum masehi). Sumeria membangun kota pertama kali ( 3000 sebelum masehi). Tembaga digunakan Bangsa Mesir dan Bangsa Sumeria. Eropa Barat adalah bangsa neolithic, tanpa peninggalan logam maupun catatan tertulis.

https://i2.wp.com/img135.imageshack.us/img135/5696/gizagreatpyramidmh4.jpg

3000–2000 sebelum masehi
Fir’aun muncul di Mesir. Raja Khufu (Cheops), dinasti ke-4 (2700–2675 sebelum masehi), menyelesaikan pembangunan Pyramid Raksasa di Giza ( 2680 sebelum masehi). Sphinx Raksasa di Giza (2540 sebelum masehi) dibangun oleh Raja Khafre. Mummi tertua Mesir. Papyrus. Phoenician menetap di pinggiran pantai yang sekarang disebut Siria and Libanon. Suku Semit menetap di Assyria. Sargon, Raja pertama Akkadian, membangun kerajaan Mesopotamia. Cerita tentang kepahlawanan Gilgamesh ditulis (c. 3000 B.C.). Astronomi sistematis diciptakan di Mesir, Babilonia, India, dan Cina.
https://i0.wp.com/img80.imageshack.us/img80/1195/hindusrz6.jpg

3000–1500 sebelum masehi
Kebudayaan India yang paling tua terekam, kebudayaan lembah Hindus yang rumit dan berkembang, sekarang ini disebut daerah Pakistan. Di Inggris Raya, Peralatan batu berkembang menjadi peradaban berdasarkan ramalan. Ini adalah tiga tahap dari kebudayaan yang dibawa spanyol selama. 3000–1500 sebelum masehi.

https://i1.wp.com/img120.imageshack.us/img120/9594/hamurabicodexuh4.jpg

2000–1500 sebelum masehi
Penjajah Hyksos mengusir bangsa mesir dari benua mesir bawah (1700 sebelum masehi). Amosis I membebaskan Mesir dari Hyksos ( 1600 sebelum masehi ). Assyrian menunjukkan kekuatan mereka yang berkembang dengan kota Ashur dan Nineveh. 24 karakter alfabet ditemukan di Mesir. Skripsi-skripsi tertua ditulis oleh bangsa Hittites. Puncak kebudayaan Minoan diPulau Kreta—Skrip tertua dari kebudayaan Yunani. Hammurabi, Raja Babylon, menciptakan peraturan hukum yang paling tua yang pernah ada ( 1800 sebelum masehi ).

https://i1.wp.com/img120.imageshack.us/img120/8482/olmeczw9.gif

1500–1000 sebelum masehi
Ikhnaton Menciptakan agama dengan satu Tuhan di Mesir ( 1375 sebelum masehi ). Penerusnya, Tutankhamen, berpaling kembali menyembah kepada Dewa-Dewi. Yunani mengalahkan Bangsa Troy ( 1193 sebelum masehi ). Akhir dari kebudayaan Yunani di Mycenae dengan invansi oleh Dorian. Kebudayaan Cina muncul dari dinasti Shang. Muncul kebudayaan Olmec di Meksiko—monumen batu, gambar tulisan.

1000–900 sebelum masehi
Sulaiman meneruskan tahta Raja Daud, membangun Kuil  Jerusalem. Setelah kematian Sulaiman, kerajaan terpecah menjadi Israel dan Judah. Tetua Yahudi mulai menulis kitab Perjanjian Lama. Bangsa Phoenician berkoloni di Spanyol dengan kota Cadiz.

900–800 sebelum masehi
Phoenicians mendirikan kota Carthage ( 810 sebelum masehi ). The Iliad and the Odyssey,dikarang oleh penyair Yunani Homer [pada masa ini].
https://i0.wp.com/img390.imageshack.us/img390/8223/acropolisjt6.jpg

800–700 sebelum masehi
Nabi Amos, Hosea, Ishak. Permainan Olympiade pertama dimainkan (776 sebelum masehi). Legenda bangkitnya Roma oleh Romulus (753 sebelum masehi). Assyrian Raja Sargon II menaklukkan Hittites, Chaldeans, Samaria (Akhir dari kerajaan Israel). Musik tertua diciptakan. Chariots ( Pasukan Berkuda ) dikenalkan ke Italia oleh Bangsa Etruscans.
https://i1.wp.com/img507.imageshack.us/img507/8271/laotseal9.jpg

700–600 sebelum masehi
Akhir dari kerajaan Assyrian (616 sebelum masehi)—Nineveh dihancurkan Chaldeans (Neo-Babylonians) dan Medes (612 sebelum masehi). Kerajaan Byzantium didirikan Yunani (660 sebelum masehi). Pembangunan Kuil Acropolis di Athena. Solon, Penciptaan Hukum Yunani (640–560 sebelum masehi). Sappho dari Lesbos,  penyair Yunani hidup (610–580 sebelum masehi). Lao-tse, filsuf cina dan pendiri agama Tao hidup (604 sebelum masehi).
https://i1.wp.com/img354.imageshack.us/img354/7111/nebuchadnezzarstatutw4.jpg

600–500 sebelum masehi
Raja Babylonia Nebuchadnezzar membangun Kerajaan, mengalahkan Jerusalem (586 sebelum masehi). Babylonia memperbudak bangsa Yahudi (mulai 587 sebelum masehi). Taman Gantung Babylonia. Cyrus Agung dari Persia mendirikan Kerajaan yang besar, mengalahkan Babylonia (539 sebelum masehi), membebaskan bangsa Yahudi. Demokrasi Athena tercetus. Aeschylus, artis drama dari Yunani (525–465 sebelum masehi ). Pythagoras, Filsuf dan ahli matematika Yunani (582?–507? Sebelum masehi). Confucius (551–479 sebelum masehi) menciptakan filosofi etik dan sosial di Cina. Lun-yü (“Peribahasa cina tertua”) dikompilasi oleh murid generasi ke-2 dari confucius. Buddha (563?–483? SM)muncul di India

500–400 sebelum masehi

Yunani mengalahkan Persia: pertempuran Marathon (490 sebelum masehi), Thermopylae (480 sebelum masehi), Salamis (480 sebelum masehi). Perang Besar Peloponnesian antara Athena dan Sparta (431–404 SM)—Sparta menang. Pericles berkuasa di Athena (462 SM). Kebudayaan Yunani berkembang di bawah kekuasaan Pericles (450–400 SM). The Parthenon is built in Athens as a temple of the goddess Athena (447–432 SM.). Ictinus dan Callicrates diangkat sebagai arsitek dan Phidias bertanggung jawab untuk skriptur. Sophocles, pemain Drama di Yunani (496?–406 SM ). Hippocrates, Yunani mendapat gelar “Father of Medicine” (lahir 460 SM). Xerxes I, menjabat sebagai Raja Persia (menjabat 485–465 SM).

400–300 sebelum masehi
Pentateuch—Lima Kitab pertama dari perjanjian lama diselesaikan. Philip dari Macedonia, seseorang yang mempercayai dirinya sebagai keturunan dari Yunani, dibunuh (336 SM) setelah menguasai kota Yunani; diteruskan anaknya, Alexander Agung (356–323 SM), menghancurkan Thebes (335 SM), menaklukkan Tyre dan Yerusalem (332 SM), menguasai Babylonia (330 SM), menginvansi India, dan mati di Babylonia. Kerajaannya dibagi oleh jenderal-jenderalnya; salah satu dari mereka, Seleucis I, mendirikan kerajaan timur tengah dengan ibukota antiokia (Syria) dan Seleucia (di Irak). Socrates diadili dan dihukum mati(399 SM). Dialog mereka direkam oleh muridnya, Plato ( 427–348 / 347 SM). Euclid bekerja berdasarkan Geometry (323 SM). Aristoteles lahir (384–322 SM). Demosthenes, Orator ulung Yunani lahir (384–322 SM). Praxiteles, Pembuat skripture-skripture tentang Yunani (400–330 SM).

300–251 sebelum masehi
Perang Pertama Punic (264–241 SM): Roma mengalahkan Carthaginia dan memulai dominasi di Mediterania. Kuil Sun di Teotihuacán, Meksiko ( 300 SM). Kalender Maya pertama dibuat di Yucatán—lebih pasti daripada Kalender yang lebih tua. Permainan Gladiator pertama di Roma (264 SM). Archimedes, Ahli matematika Yunani lahir (287–212 SM).

250–201 sebelum masehi
Perang Punic kedua (219–201 SM): Hannibal menjabat jenderal (246–142 SM), Menyeberangi Alpen (218 SM), mencapai gerbang roma (211 B.C.), mundur, dan dikalahkan Scipio Africanus di Zama (202 SM). Tembok Besar Cina dibangun (c. 215 SM).
200–151 sebelum masehi
Roma mengalahkan Seleucid King Antiochus III di Thermopylae (191 SM)—Awal dominasi Romawi di dunia. Maccabean memberontak melawan Seleucids (167 SM).
150–101 sebelum masehi
Perang Punic ketiga (149–146 SM): Roma mengalahkan sparta, membunuh 450,000 orang dan memperbudak sisanya sebanyak 50,000. pasukan roma menaklukkan Makedonia, Yunani, Anatolia, Pulau belaruci, dan perancis utara. Venus de Milo (140 SM). Cicero, Orator Romawi hidup (106–43 SM).

100–51 sebelum masehi
Julius Caesar (100–44 SM) menginvansi Inggris (55 SM) dan menaklukkan Gaul (Perancis) (50 SM). Spartacus memimpin para budak melawan romawi (71 SM)Roma menaklukkan Kerajaan Seleucid. Jenderal Roma Pompey menaklukkan Yerusalem (63 SM). Cleopatra naik memerintah di Mesir (51–31 SM). Cina mengembangkan kegunaan kertas (100 SM). Virgil, penyair Roma (70–19 SM). Horace, penyair Roma (65–8 SM).

50–1 sebelum masehi
Caesar menyuruh Rubicon berperang dengan Pompey (50 SM). Herod ditunjuk sebagai gubernur Yudea (37 SM). Caesar dibunuh (44 SM). Sepupu Caesar, Octavianus, mengalahkan Mark Antony dan Cleopatra pada peperangan di Actium (31 SM), dan mendirikan kekaisaran Romawi dengan julukan Kaisar Augustus; memerintah selama 27 SM– 14 . Pantheon dibangun pertama kali dibawah Agrippa, 27 sebelum masehi Ovid, penyair Romawi (43 sebelum masehi – 18 Masehi).

20 Comments »

  1. four thumbs up! + thumbs kaki😄

    Comment by harrr aka digikid — 6 April, 2008 @ 10:54 am

  2. brarti lu dari monyet donk!!!, koq monyet gak jd manusia, atau minimal + pinter dikit, dari tempo dulu gitu-gitu aja. Monyetnya yg bodoh atau alih sejarah???

    Comment by ?? — 3 June, 2008 @ 3:20 am

  3. oo.. hanya monyet2 tertentu yang bisa berevolusi…
    kera/monyet seperti orang utan memiliki kepintaran yang lebh dibanding jenis kera yang lain,,, dimana setiap jenis kera memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.. seperti yang dikatakan teori evolusi… siapa yang mampu beradaptasi akan survive tapi yang ng bisa bertahan akan mengalami kepunahan ato evolusi…

    maaf kalo ada kesalahan..semoga bermanfaat

    Comment by tymask — 3 June, 2008 @ 9:23 am

    • moyang ente monyet dong ya… moyang ane sih nabi adam bukan monyet…

      Comment by datuk — 5 June, 2013 @ 2:51 pm

  4. yup, memang cuma monyet monyet tertentu yang bisa berevolusi, sisanya tetep jadi monyet dalam bentuk manusia, wkwkwkwk

    Comment by Harrr — 4 June, 2008 @ 11:27 pm

  5. waaau aku dah lahir tuh sebenarnya dari zaman 50.000 b.c.

    Comment by sheshy — 28 July, 2008 @ 9:02 pm

  6. haha./…

    monyet saja blm lahir lo…

    masak anda sudah lahir??

    Comment by tymask — 29 July, 2008 @ 6:46 pm

  7. ternyta ilmu sama lo lo bukan utk mengenal lo dan pncipta?, tapi tuk saling gagah-gagahan/ejek2an.
    Bner lah ilmu loh sesat pade???. ayoooo! kace dirimu biarluh tahu? ape loh uda jd monyet, ape belum. sebab sifat loh uda jadi mnyet, karena sering ejek kayak ketek wwwwwwk

    Comment by endra — 27 September, 2008 @ 1:44 pm

  8. wek wew katanya ada dinosaurus mane???
    ngapain atuh di adain film pengetahuan tntng dinosaurus klw memang nda ada bokis namanya penipuan….

    Comment by FAREL — 2 November, 2008 @ 6:33 pm

  9. kalau monyet berevolusi jadi manusia, kenapa sampai abad sekarang monyet masih ada kok gk berevolusi semua???, Ilmuan Jahudi memang canggih mengacaukan otak manusia

    Comment by Robin — 12 March, 2009 @ 4:36 pm

  10. Teruskan secara nyata mempelajari dan memahami sejarah, karena dalam perjalanan pencarian suatu sejarah, akan mengupas lapis demi lapis jati diri kita ; )

    Comment by Shangkala — 29 June, 2009 @ 10:25 pm

  11. Artikelnya menarik. Coba lengkapi lagi mulai eranya dinosaurus sampai masanya nabi isa dan nabi muhammad saw, biar komplit bos..

    Comment by sam — 14 August, 2009 @ 9:33 pm

  12. sebetulnya nenek moyang manusia bukan monyet Teori evolusi mengatakan bahwa manusia merupakan keturunan dari hominid. Hominid adalah makhluk hidup yang memiliki ciri-ciri diantara manusia dan kera
    sambungan nya baca sendiri….

    Comment by bukabuku — 14 March, 2010 @ 9:03 am

  13. kok bisa sih monyetnya berevolusi

    Comment by aris — 6 November, 2010 @ 9:34 am

  14. pinter… mengarang…

    Comment by taufik hidayat — 10 December, 2010 @ 11:23 pm

  15. monyet yach monyet… manusia yach manusia, semua TUHAN yang mencipkan, mana ada binatang berubah menjadi manusia sich……

    Comment by Her mer — 15 December, 2010 @ 1:19 pm

  16. Benar kata Khalil Gibran

    ” Sekat antara kepintaran dan kebodohan itu tipis, seperti benang laba-laba ”

    faktanya . . .
    sejarah selalu di robah dan di sesuaikan dngan ‘KEPENTINGAN’
    dari orang orang yang punya ‘TUJUAN’ . . .

    Betapa pandainya kita merasa BENAR dengan sebuah TEORI yang kita YAKINI . . .

    Dan betapa BODOHnya kita harus dngan cara EMOSIONAL karena MENGEUKEUHKAN apa yang kita YAKINI . . .

    Hidup cuma sekali juga . . .
    Malu sama TUHAN punya OTAK tidak di PAKE . . .

    Comment by Thejavu — 12 January, 2012 @ 4:11 pm

    • ini sejarah binatang .. kalaupun sejarah manusia itu berdasarkan diturunkannya nabi Adam kebumi dan sudah di bekali akhlak dan ilmu pengetahuan yg luar biasa sampai Nabi terakhir diturun kan berarti kita sudah diambang / berada di zaman akhir untuk sejarah manusia

      Comment by irvan — 12 December, 2012 @ 10:10 pm

  17. Fastidious respond in return of this question with genuine arguments and explaining all
    on the topic of that.

    Comment by obat kuat — 20 August, 2014 @ 12:14 pm

  18. kalo monyet jdii manusia sih g ada tpii klo manusia jadi monyet banyak contonya kalian

    Comment by didit — 25 May, 2015 @ 3:50 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: