tymask.ono

30 March, 2008

Cup of Coffee = Cup of Health

Filed under: Foodaholic, Health — tymask @ 10:28 am

Pernahkah Anda menghitung berapa gelas kopi yang Anda habiskan sehari? Banyak penelitian menyebutkan bahwa kafein di dalam kopi akan menimbulkan pengaruh buruk bila dikonsumsi berlebih. Namun lain halnya bila Anda masih berada di batas normal yaitu 2-3 gelas per hari. Sampai sejauh ini belum ditemukan bukti ilmiah yang menyatakan konsumsi kafein dalam taraf normal berbahaya bagi kesehatan. Kini selain mengetahui dampak negatif dari kopi,  sudah saatnya Anda mengetahui manfaatnya juga.

Menyegarkan tubuh
Mengonsumsi kopi 1 jam sebelum fitness akan membuat tubuh terasa segar dan akan meminimalkan nyeri otot akibat fitness. “Kafein di dalam kopi memicu produksi hormon endorfin yang berfungsi mengurangi rasa nyeri, kelelahan dan sakit kepala,” ujar Stanley Segall, Ph.D, profesor bidang Nutrisi dan Makanan di Drexel University, Philadelphia.

Mencegah gigi berlubang

Minum segera secangkir kopi hangat (bisa juga teh, karena mengandung kafein) sesaat setelah mengonsumsi cookies, cake cokelat, permen rasa buah atau sepotong roti manis. Joe Vinson, Ph.D., dari University of Scranton menjelaskan bahwa kafein yang terdapat dalam minuman ini ternyata sangat tangguh memberantas bakteri penyebab gigi berlubang.

Mengurangi risiko diabetes tipe 2
“Asam chlorogenic, adalah antioksidan yang terkandung di dalam kopi dan berfungsi untuk mengencerkan gula darah,” ujar Frank Hu, Ph.D, profesor di Harvard School of Public Health. Penelitian yang dilakukan Frank menemukan bahwa mengonsumsi 6 gelas kopi sehari akan mengurangi resiko diabetes tipe 2 hingga 30% pada perempuan dan 53% pada lelaki.

Tetapi Anda tidak perlu minum kopi sebanyak itu, 3 gelas kopi sehari sudah cukup mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%.

Membangkitkan semangat
Kafein yang terkandung di dalam kopi membantu Anda berpikir lebih cepat. Cobalah mengonsumsi kopi atau teh 15 menit atau 30 menit sebelum berpresentasi. Hasilnya mungkin akan cukup lumayan, karena kafein yang terdapat pada kopi (juga teh) terbukti mampu memberikan ’sinyal’ pada otak untuk lebih cepat merespon dan meningkatkan daya ingat.

Meningkatkan kesuburan pria
Hal ini diumumkan para ilmuwan Brasil dalam pertemuan American Society for Reproductive Medicine di San Antonio. Hasil penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa minum kopi bisa membuat sperma bergerak lebih cepat, sehingga berpotensi meningkatkan kemungkinan kehamilan pada pasangan.

Jumlah kafein pada kopi yang masih dalam batas normal  adalah tidak lebih dari 400 mg perhari. Berikut jumlah kafein  pada kopi yang biasa Anda minum.

*  1 cangkir kopi kental = 125 mg
*  1 cangkir espreso / kopi tubruk / kopi saring = 80 mg.
*  1 cangkir kopi instan = 65 mg

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: