tymask.ono

31 March, 2008

Es Kutub Selatan Runtuh

Filed under: Phenomenon — tymask @ 4:41 pm

Sejumlah potret dari satelit AS memperlihatkan satu bagian besar Wilkins Ice Shelf (Beting Es Wilkins) di Kutub Selatan mulai runtuh akibat lebih cepatnya suhu menghangat di wilayah itu. Demikian dilaporkan beberapa ilmuwan dari US National Snow and Ice Data Center (NSIDC).

Daerah yang runtuh seluas 160 mil persegi dari bagian gugus besar Beting Es Wilkins seluas 5.000 mil persegi, sekarang hanya ditopang oleh satu jalur sempit es di antara dua pulau, kata Ted Scambos, pemimpin kelompok ilmuwan di NSIDC.

“Jika terjadi sedikit kemunduran lagi, dinding penopang es terakhir itu dapat runtuh dan kita akan kehilangan separuh dari seluruh daerah beting es dalam beberapa tahun ke depan,” katanya, pada Selasa (25/3) waktu setempat.

Dalam 50 tahun terakhir, Semenanjung Kutub Utara wilayah barat telah mengalami peningkatan temperatur terbesar di bumi. Perisinya naik sekitar 0.5 derajat Celsius per dasawarsa. “Kami percaya Beting Es Wilkins telah berusia beberapa ratus tahun, tapi udara hangat dan kondisi terbuka terhadap gelombang samudra mengakibatkan pemisahan,” kata Scambos -yang pertama menyaksikan proses pemisahan tersebut pada Maret.

Beting Es Wilkins adalah lapisan es luas abadi yang mengambang di bagian barat-daya Semenanjung Kutub Selatan dalam jarak sekitar 1.000 mil di sebelah selatan Amerika Selatan.

Citra satelit menunjukkan Beting Es Wilkins mulai runtuh pada 28 Februari dan terus terpantau pada 6 Maret. Banyak data memperlihatkan bahwa bongkahan besar besar, dengan ukuran 25,5 kali 1,5 mil (2,4 kilometer), terlepas dari bagian depan barat-daya beting es tersebut, sehingga memicu pemisahan 220 mil persegi bagian dalam beting es itu.

Dengan mendekatnya akhir pencairan es pada musim panas di Kutub Selatan, banyak ilmuwan memiliki dugaan kuat bahwa Beting Es Wilkins akan semakin terpisah dalam beberapa bulan mendatang.

“Kondisi tak biasa ini selesai bagi musim ini,” kata Scambos. “Tetapi saat Januari datang, kami akan mengamati apakah Beting Es Wilkins akan semakin terpisah.”

Beting Es Wilkins adalah salah satu rangkaian beting es yang telah runtuh di Semenanjung Barat Kutub Selatan dalam 30 tahun terakhir. Larsen B menjadi yang paling terkenal, karena menghilang hanya dalam waktu sekitar 30 hari pada 2002. Runtuhnya Beting Es Prince Gustav Channel, Larsen Inlet, Larsen A, Wordie, Muller dan Jones juga mempertegas pemanasan yang tak pernah terjadi sebelumnya di wilayah Kutub Selatan.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: