tymask.ono

7 April, 2008

21 Tips for Creative Thinking from Georgia Scott

Filed under: Health — tymask @ 7:18 pm

1. Perhatikan dengan seksama setiap bagian yang hendak disampaikan oleh puzzle. Setiap elemen (berita, photo, ilustrasi, headline, iklan) menyampaikan sesuatu hal yang berbeda. Kombinasikan dengan yang lain , pesan yang akan disampaikan haruslah unik. Pikirkan dan temukan pesan tersebut.

2. Terbukalah terhadap segala sesuatu yang datang menghampiri anda. Jangan terlalu ambil pusing dengan perubahan di menit – menit terahkir, karena itu hanya akan menambah anda bingung.

3. Ingat-ingatlah tips yang memebantu anda untuk dapat bekerja secara lebih efisien. Apabila ada sesuatu yang anda ingin ketahui atau tanyakan, tulis dan kirimlah email kepada orang lain yang bergerak dalam bidang tersebut.

4. Aset terbesar adalah diri anda sendiri, bagaimana cara berpikir anda, bagaimana anda melihat dunia disekitar nda, dan bagaimana anda memecahkan masalah – masalah.

5. Lebih tanggap terhadap semua pelajaran – pelajaran yang ada disekitar anda. Apa yang dilakukan reporter, dan apa yang redaktur pikirkan? Tentang para pembaca. Ketika orang-orang mengambil dan memilih surat kabar, tanyakan kepada mereka apa yang mereka sukai dari surat kabar tersebut.

6. Teruslah belajar dari orang – orang lain. Kirimlah email ke rekan – rekan lain di Indonesia, atau tempat – tempat lain yang anda lihat mereka mempunyai layout yang bagus. Memiliki sebuah jaringan dengan orang – orang kreatif di sekitar kita merupakan aset yang sangat berharga. Itu merupakan nilai yang sangat berharga untuk menggali ide-ide baru, merupakan cara berpikir baru dan bagaimana memecahkan masalah-masalah.

7. Berbagilah pengalaman dan pengetahuan yang anda miliki dengan yang lain. Apabila anda bertemu dengan seseorang yang lebih muda dari anda atau kurang berpengalaman dari anda yang tertarik terhadap hal yang anda lakukan, luangkanlah dan berikan waktu anda untuk dapat menjelaskan kepada mereka. Kunjungilah sekolah mereka atau undang mereka untuk datang ke surat kabar anda. Biarkan mereka mengajukan beberapa pertanyaan dan megusulkan opini dan ide-ide. Kirimkanlah email ke rekan-rekan anda di Indonesia atau tempat – tempat lain yang anda lihat memiliiki layout yang bagus. Ini merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk menciptakan ide-ide baru, cara berpikir dan cara memecahkan masalah.

8. Jangan takut dan malu untuk mencari saran atau nasehat. Terkadang, kita hanya mebutuhkan suara-suara disekitar kita, seseorang yang dapat anda ajak diskusi dan bertukar pikiran mengenai masalah layout untuk memperjelas semua bagian-bagian puzzle / teka-teki dan bagaimana menyusun teka-teki tersebut. Dengan berbicara dengan orang lain untuk dapat memahami sebuah konsep. meruapakan cara yang lebih nyata dan lebih membantu untuk dapat mengembangkan layout ketika anda tejebak dalam kesulitan.

CATATAN: Tidak cukup hanya dengan bertanya, apa yang sedang anda pikirkan, usahakanlah untuk dapat mengatakan apa yang anda pikirkan dan apa ksulitan-kesulitan anda.

9. Visualisasikan terlebih dahulu, selanjutnya baru bekerja di komputer. Jangan biarkan komputer meyita waktu anda. Biasakan untuk membikin sketsa terlebih dahulu. Kembangkanlah konsep terbesar dalam layout anda sebelum anda memegang “mouse komputer”

10. Lebih fleksibel – belajar bagaimana bernegosiasi. Mungkin ini adalah salah satu pergolan anda. Apabila anda selalu berbeda pendapat dengan redaktur anda tehaddap tampilan layout , belajarlaah untuk berargumentasi, berjuanglah terhadap hal-hal yang menurut anda sangat penting dan biarkan hal lainya berjalan semestinya.

11. Tinggalkanlah sejenak ke, dan ambil nafas panjang sejenak. Untuk menciptakan layout yang bagus, mungkin kita memerlukan paling tidak tiga atau empat draft coretan. Keetika andda mendapati diri anda terjebak, ambil istirahat sejenak, bekerjalah di halaman yang lain, pergi kamar mandi atau membeli minuman. Carilah kegiatan lain yang dapat menyegarkan pikiran anda. Kemudian kembli ke kegiatan awal anda, santai, dan cobalah sesatu yang berbeda.

12. Perbaikilah masalah-masalah yang selama ini anda sering keluhkan. Apabila ada sesuatu yang tidak dapt anda lakukan, berlatihlah sampai anda bisa. Apabila ada hal-hal yang anda tidak tahu, bertanyalah. Apabila anda tidak memiliki narasumber ataupun orang lain dalam komunitas tersebut untuk bertanya, hubungilah orang lain di luar komunitas anda dengan mengirimkan email dan surat.

13. Kritiklah diri anda sendiri. Perhatikan baik – baik layout anda. Secara jujr bandingkanlah layout yang anda sukai dengan dengan suratkabar lain. Periksalah hal-hal yang menjadi ganjalan anda. Perhatikan dengan seksama sesuatu yang menjadi masalah dan coba berpikirlah bagaimana memperbaikinya. Itu bukan bukan berarti mengkopi gaya orang lain. Bearti harus memikirkan cara untuk membuat tampilan halaman anda lebih bagus.

14. Lebih waspada tehadap kebiasaan-kebiasaan buruk anda. Kebiasaan-kebiasaan buruk memang susah diubah , tapi apabila anda berusaha, itu akan menjadi keuntungan dan nilai lebih.

15. Pandanglah setiap tantangan bisa menjadi penemuan. Apabila anda melihat setiap masalah sebagai sebuah peluang atau kesempatan, berati anda sudah dapat menyelamatkan diri anda dari rasa frustasi. Dalam mendesign pada waktu deadline, ini merupakan sikap yang bagus untuk dapat diterapkan .

16. Ketika halaman-halaman telah selesai dikerjakan berati itu sudah selesai. Santai dan tenanglah dan biarlah itu selesai sampai dicetak malamnya.

17. Integrasikan / satukan pekerjaan dan seni. Design surat kabar memiliki banyak batasan-batasan. Tugas kita dalam mendesign untuk pembaca untuk berita-berita utama dan jugaa iklan-iklan. Komputer memanng membantu kita menciptakan hal—hal yang menakjubkan. Temukan hal-hal lain yang untuk bisa mengeksporasikan ide-ide anda yang menaakjubkan. Melakukan tugas suka rela atau mengkreasikan seni untuk diri anda sendiri. Ada banyak hal-hal yang sama yang dapat anda temukan dalam pekeerjaan yang anda lakukan untuk terbitan anda dan hal-hal yang anda lakukan

18. Tumbuhkan rasa keingintahuan terhadap hal-hal yang anda tidak ketahui. Hal itu dappat memperluas pemikiran anda ke beberapa arah yang berbeda.

19. Lihatlah beberapa hal-hal baru-hal hal yang tidak biiasa- dengan cara pandang yang lebih segar. Sangat mudah untuk dapat terjebak dalam rutinitas, dan anda menganggap hal-hal disekiitar anda adalah hal yang telah biasa. Tetapi perlu diingat, matahari terbit betbeda setiaap harinya. Ambil nafas panjang dan lihatlahkan bagaimana hal-hal dapat berubah.

20. Mencoba bermain dan bermain, Dengan duduk, bermain, bereksperimen dan berlatih. Berlatihlah membuat sampul-sampul buku, samppul CD, meskipun itu hanya untuk dipakai untuk diri kita sendiri

21. Ketika anda telah selesai, bikinlah layoute secara komplit. Lihatlaah baik-baik pengaturan baris, pengaturan jarak, keseimbangan, hiraki/ tingkatan. Sebuah layout sudah dianggaap telah selesai karena semua elemen sesuai dan pas pada halaman, dianggap selesai ketika semu elemen sudah tersusun baik , dan detail-deatil kecil telah diperbaki

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: