tymask.ono

19 April, 2008

Jus Buah Vs Buah Potong

Filed under: Foodaholic — tymask @ 6:42 pm

Mengkonsumsi jus buah adalah cara untuk membersihkan dan memulihkan sistem tubuh. Dengan cara ini, tubuh lebih mudah mencerna sari buah atau sayuran tersebut. Dalam bentuk jus pula, buah yang dikonsumsi bisa jauh lebih banyak dan bisa dikonsumsi dengan waktu yang relatif lebih cepat.

Tapi apakah artinya, jus buah itu lebih baik? Ternyata tidak juga. Makan buah potong ternyata sama baiknya. Malahan hasil serat yang diperlukan oleh tubuh akan lebih banyak diperoleh jika buah tersebut dikunyah terlebih dahulu. Kadang jika jus dibuat terlalu encer, enzim pencernaan tidak terpicu dengan baik untuk melakukan tugasnya.

Karena itu, jika anda suka memakan buah tanpa dijus, teruskan saja kebiasaan itu, dengan beberapa hal yang harus dicermati:

  • Pilihlah buah yang matang sempurna (tidak mentah atau terlalu matang) sebelum dijadikan buah potong.
  • Habiskan buah potong anda pelan-pelan, jangan langsung makan banyak dalam jangka waktu cepat. Dengan begitu anda memberi kesempatan tubuh untuk mencernanya dengan sempurna.
  • Makanlah buah potong 1 jam sebelum makan atau 1 jam sesudah makan.
  • Tidak semua buah disarankan dijadikan kudapan buah potong. Walaupun sehat, mengudap pisang dan alpukat sebaiknya dibatasi, karena kalorinya cukup tinggi. Durian, nangka, dan cempedak juga termasuk buah yang banyak mengandung kalori sehingga disarankan tidak dijadikan kudapan.

Tapi bagi anda yang suka mengkonsumsi jus buah, ada beberapa hal juga yang harus dicermati:

  • Dalam membuat jus buah atau jus sayuran, tidak dianjurkan untuk memblender terlalu halus. Sebaiknya justru agak kasar agar maksimal fungsinya bagi tubuh.
  • Konsumsi jus buah harus disesuaikan dengan keadaan tubuh. Contoh: orang yang menderita gangguan metabolisme tidak dianjurkan mengkonsumsi jus jeruk dan jus tomat karena keduanya memiliki pengaruh sangat besar dalam mengasamkan pH darah, sehingga akan mengganggu keseimbangan asam basa tubuh, yang selanjutnya akan mengganggu proses detoksifikasi alami yang ada.
  • Konsumsi jus terbaik adalah segeran diminum setelah dibuat, tidak ditunggu atau dibiarkan terlalu lama, karena akan terjadi proses oksidasi yang bisa memecah dan merusak kandungan enzim dan vitamin didalamnya.
  • Harus mengetahui jumlah jus buah yang baik bagi tubuh. Contohnya, jus apel aman diminum satu gelas bahkan lebih, sedang jus mengkudu hanya setengah sloki saja.

Jadi ternyata, baik jus buah maupun buah potong memiliki kebaikannya masing-masing. Kini tergantung selera penikmatnya, yaitu anda. Have a fruity day!

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: