tymask.ono

19 April, 2008

Terobosan Baru Memasak Pizza

Filed under: Foodaholic — tymask @ 6:54 pm

Kini ada terobosan baru mengolah pizza. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Universitas Maryland terungkap bahwa jika makanan Italia ini dipanggang lebih lama dengan temperatur lebih tinggi, maka  hasilnya adalah pizza yang menyehatkan karena memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi. Lho kok?

“Buah dan sayuran yang terdapat pada pizza akan matang di luar dan segar di bagian dalam. Kondisi inilah yang justru meningkatkan kadar antioksidan,” ujar salah seorang peneliti kepada BBC.com

Dalam penelitian, tim peneliti membuat dua adonan pizza yang berasal dari gandum. Kemudian keduanya dimasak dalam oven dengan suhu yang sama, yaitu 285 derajat Celcius. Adonan pertama dipanggang selama tujuh menit, sedang adonan kedua dipanggang selama 14 menit.

Hasilnya, kadar antioksidan pada pizza tersebut meningkat hingga 60 persen jika pemanggangan dilakukan lebih lama maka kadar antioksidan meningkat menjadi 82 persen. Selain itu, adonan pizza yang dibiarkan selama 48 jam untuk fermentasi juga bisa membuat kadar antioksidannya menjadi lebih tinggi.

Meski begitu, para peneliti tetap menyarankan agar orang lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur sebagai sumber antioksidan daripada memperbanyak makan pizza. “Pizza tetap saja akan membuat seseorang menjadi gemuk. Sebaiknya santap pizza dengan tambahan sayur dan buah memaksimalkan kandungan nutrisinya.”

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: