tymask.ono

19 April, 2008

Trik Sehat Menjaga Metabolisme Tubuh

Filed under: Health — tymask @ 6:27 pm

Anda ingin metabolisme tubuh tetap fit di sepanjang tahun 2008 ? Caranya mudah perhatikan saja pola makan Anda ! Lainnya ? Coba simak penjelasan di bawah ini.

LAKUKAN :
Untuk mempertahankan tubuh agar tetap shape dan sehat sepanjang tahun, sebaiknya Anda makan yang teratur agar metabolisme tubuh pun teratur. Jangan lagi menahan lapar karena kesibukan di kantor yang tidak bisa ditinggalkan. Jangan pula makan hanya karena Anda ‘lapar mata’. Patuhi jam makan Anda !

JANGAN :
Makan sembarangan, artinya bukan hanya menunjukkan tempat dimana Anda makan tetapi juga jadwal makan harian. Bagi Anda yang aktif sepanjang tahun, sebaiknya tetap konsiten pada jadwal makan yang telah Anda tentukan.

Misalnya makan pagi jam tujuh pagi, makan sian jam dua belas, makan malam jam tujuh, dan konsumsi suplemen atau camilan bergizi di seka-seka waktu tersebut. Dan bila Anda ada undangan pesta di jam yang seharusnya tidak boleh makan, sebaiknya pilih makanan yang tidak berkalori dan berlemak, seperti buah-buahan,

LAKUKAN :
Jangan terlalu sering minum teh. Selain air mineral, teh kerap menjadi pilihan saat kita makan. Jika ini sering Anda lakukan, mulai sekarang coba kurangi kebiasaan tersebut.

Pasalnya, minum teh tidak boleh terlalu sering, karena kandungan t6annic acid yang terkandung di dalam teh bisa menghambat penyerapan zat besi dalam makanan yang Anda konsumsi. Sebaiknya Anda lebih memilih banyak minum air putih, minimal delapan gelas perhari untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh.

JANGAN :
Minum-minuman bersoda. Minuman terbaik adalah air putih. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak minum air teh dan kopi. Anda harus selalu ingat untuk menghindari soft drink atau minuman bersoda.

Minum ini akan menghambat proses metabolisme tubuh karena mengandung zat-zat kimia lain yang belum tentu diperlukan.

LAKUKAN :
Pilih roti gandum. Roti gandum atau yang lebih dikenal dengan sebutan whole wheat bread ini memang selalu jadi andalan pelaku diet. Roti gandum mengandung serat tinggi, anti oksidan, fitoestrogen (baik untuk mencegah penyakit jantung dan kanker), vitamin, mineral dan juga zat besi.

Selain itu, roti gandum juga memiliki cita rasa yang lebih khas dibanding roti putih (roti biasa). Sehingga memilih roti gandum sebagai pengganti asupan karbohidrat yang biasa Anda dapatkan dari nasi putih, sangat membantu proses metabolisme tubuh.

Karena selain mudah cerna, roti gandum juga mengandung banyak gizi.

JANGAN :
Tahukah Anda, kalau nasi putih yang selama ini Anda makan ternyata memiliki watak yang jelek untuk metabolisme tubuh ? Nasi putih yang lembut itu termasuk ke dalam golongan karbohidrat sederhana yang mudah diserap dan mudah disimpan menjadi lemak di tubuh, membuat tubuh mudah lemas, dan membuat Anda cepat merasa lapar.

LAKUKAN :
Perbanyak makan makanan organik. Makan makanan organik akan sangat membantu proses metabolisme tubuh, karena dengan makan makanan organik berati makanan yang Anda makan bebas dari racun yang di dapat dariuar seperti pupuk, peptisida, dan sebagainya.

Makan makanan organik menjadikan metabolisme meningkat serta mengeluarkan dan mengurangi sifat asam dari dalam tubuh.

JANGAN :
Makan makanan instant. Makanan instan memang sangat lezat rasanya, selain itu juga sangat praktis dalam pengolahan. Namun, makanan instan ternyata sangat membahayakan metabolisme tubuh.

Gizi yang terkandung dalam makanan instan sudah sangat berkurang. Kalaupun masih terdapat nilai gizinya, dikhawatirkan sudah rusak. Pengolahan makanan instan juga sering dicampur dengan bahan makanan kimia.

1 Comment »

  1. Terima kasih banyak atas informasi, semulanya saya benar2 gak tau kalau minum teh tiap waktu itu memiliki efek yang lebih jelek jika dibandingkan dengan minum air putih… dan saya juga sering minum2an bersoda, msalahnya daerah saya panas dan kekeringa jadi minuman bersoda kan lebih seger.. thank semua infonya, ini benar-benar bermanfaat bagi kesehatan saya.

    Comment by Luh — 4 December, 2008 @ 5:45 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: