tymask.ono

22 April, 2008

Memakai kembali koran bekas (Reuse)

Filed under: Innovation — tymask @ 8:41 pm

Yang akan kita bahas sekarang adalah reuse (memakai kembali) koran-koran bekas, yang sebenarnya masih bisa digunakan untuk banyak hal. Inilah 10 hal yang dapat anda lakukan dengan koran bekas anda:

  1. Membersihkan kaca. Saya juga tidak tahu mengapa tetapi koran bekas bisa membuat kaca menjadi kinclong kembali. Langsung saja semprotkan pembersih kaca dan gunakan koran sebagai lap. Karena koran tidak terlalu menyerap air maka lebih baik menggunakan semprotan.
  2. Pengepakan barang. Apakah anda sedang berkemas untuk pindah rumah ataupun kantor, koran bekas bisa dipakai untuk mengepak barang di dalam kardus sebagai ganti styrofoam. Anda hanya perlu menggumpalkan koran menjadi bola-bola kecil. Kalau anda mau pindahan juga koran bisa dipakai sebagai pembungkus barang pecah belah seperti keramik atau gelas.
  3. Menyimpan keramik. Kalau anda memiliki barang pecah belah mahal, seperti piring-piring keramik, anda bisa memakai koran di antara piring tersebut agar lebih terjamin dan tidak bersenggolan.
  4. Pembungkus. Daripada memakai kertas coklat pembungkus buku, anda bisa gunakan koran sebagai pembungkus buku. Paling tidak kalau anda punya banyak koran, kalau bungkus buku tersebut robek bisa langsung diganti. Selain itu, bisa juga anda gunakan koran sebagai pembungkus kado. Kan yang penting isinya, bukan bungkusnya.
  5. Tatakan meja makan. Kalau anda sedang makan seafood dirumah seperti kepiting atau lobster rebus, lebih baik meja anda memakai tatakan koran agar bisa langsung dibuang. Koran juga bisa dipakai sebagai tatakan meja ketika anak anda membuat prakarya di rumah agar tidak berantakan
  6. Tatakan lainnya. Selain tatakan meja makan, koran juga dipakai untuk tatakan sangkar burung, tempat penyimpanan panci, hingga kadang ada juga sebagai tatakan lemari baju. Kalau anda memakai koran sebagai tatakan untuk tempat tidur binatang peliharaan anda maka koran sangat baik dan lebih sehat karena tinta koran mengandung bahan yang menahan bakteri dan bisa dibilang tidak berbahaya bila termakan.
  7. Tambahan komposter. Koran bekas bisa menambah bahan kering untuk komposter sehingga kompos yang dihasilkan bisa lebih baik dan membantu proses kompos. Koran juga anda pakai untuk taman dan sebagai penahan rumput liar. Taruh koran diantara tanaman anda.
  8. Menghilangkan bau. Kalau anda memiliki sepatu apalagi sepatu bot yang bau, masukkan koran bekas untuk menghilangkan bau tersebut.
  9. Memerahkan tomat. Kalau anda punya tomat yang masih hijau atau kurang empuk, anda bisa bungkus dengan koran dan ketika anda buka, tomat tersebut akan menjadi merah. Kok bisa? Dalam proses tomat menjadi matang, tomat mengeluarkan gas ethylene, dan bungkus koran menjebak gas tersebut sehingga memerahkan tomat. Kalau mau lebih cepat lagi, anda bisa bungkus tomat bersama dengan pisang karena pisang mengeluarkan gas ethylene lebih banyak.
  10. Peralatan tambahan di mobil. Koran selalu perlu disimpan di mobil karena kalau anda ke tempat yang kotor dan tidak mau sepatu anda mengotori mobil, anda bisa pakai koran. Lebih dari itu, kalau mobil anda mandeg di lumpur maka koran bisa membantu traksi roda mobil agar bisa jalan lagi.

Kalau sudah terlalu banyak dan tidak terpakai, paling tidak koran juga tetap bisa dijual. Tetapi, kalau tidak terlalu perlu, maka tetap membaca koran melalui internet akan lebih baik. Untuk mendapatkan koran bekas? Mungkin bisa minta tetangga anda.

Untuk apa koran bekas anda, digunakan saat ini?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: