tymask.ono

12 May, 2008

Sin of Beauty

Filed under: Health — tymask @ 8:31 pm

Entah disengaja atau tidak, Anda sering melakukan hal-hal merugikan yang bisa membuat nilai penampilan berkurang. Bagaimana mengatasinya? Banyak kebiasaan buruk terjadi ketika Anda justru mencoba memperbaiki penampilan. Namun, adakalanya hal tersebut memang tidak dapat dihindari. Yang paling mungkin adalah bagaimana melakukannya secara lebih aman.
MEMECAHKAN JERAWAT
Anda tentu paham ini adalah kebiasaan yang sangat buruk. Memecah jerawat tidak hanya berpotensi meninggalkan bekas luka yang sulit dihilangkan, namun juga memudahkan bakteri masuk ke dalam pori-pori hingga bisa menyebabkan peradangan dan infeksi.

Cara Aman
Kompres dengan air hangat, kemudian tekan sisi kiri dan kanan jerawat itu dengan kapas bertangkai (cotton buds). Tekan beberapa kali sampai jerawat pecah. Bersihkan dengan kapas yang telah dicelup alkohol atau cairan antiseptik.

Cara yang Lebih Aman
Cara di atas memang tidak sepenuhnya aman. Pasalnya, di saat Anda menekan kulit (walau dengan cotton buds sekalipun) bakteri yang ada di permukaan kulit tetap bisa menembus ke dalam pori-pori.

Cara paling aman adalah dengan membubuhkan obat antijerawat yang mengandung salicylic acid (seperti Clean & Clear Acne Speed Clearing Gel), atau benzoil peroxide (seperti Clearasil ) dua kali sehari sampai kering.

Namun, jika Anda “gemas” menunggunya hingga kering, belilah alat pemecah komedo (tersedia di toko alat-alat kecantikan) yang berbentuk tongkat besi kecil dengan ujung bulat berlubang. Sebelum memakainya, sterilkan alat tersebut dengan alkohol. Kompres jerawat dengan air hangat. Perlahan-lahan tempelkan bulatan alat pada jerawat, lalu tekan dengan lembut. Jika jerawat tidak pecah, hentikan, tunggu beberapa hari lagi. Jika pecah, langsung kompres dengan alkohol atau cairan antiseptik, dan segera bubuhkan obat jerawat.

Kedua cara di atas hanya berlaku untuk jerawat yang memiliki “mata”. Untuk jerawat batu yang keras tanpa “mata”, jangan sekali-kali memencetnya. Datanglah ke dokter kulit, minta agar jerawat batu itu disuntik cortisone. Cara itu dapat membuat jerawat seketika mengering dan mengempes dalam waktu sekitar satu jam.

TERLALU SERING MELAKUKAN SCRUB
Menggunakan scrub merupakan bagian dari eksfoliasi yang bertujuan meluruhkan kulit mati untuk memunculkan kulit baru yang lebih segar. Dengan demikian, wajah bisa tampak lebih cerah kembali. Namun jika terlalu sering dilakukan atau scrub yang digunakan kasar kulit wajah bisa mengalami iritasi dan dapat mengakibatkan luka. Untuk kulit berjerawat, selain menimbulkan iritasi juga bisa menyebarkan bakteri. Hasilnya jerawat pun bisa bertambah parah!

Cara Aman
Pilih scrub lembut dengan butiran-butiran halus (seperti Biore Soft Scrub). Atau, setelah membersihkan wajah dengan sabun atau pembersih foam, keringkan wajah dengan handuk yang lembut.

Cara yang Lebih Aman
Gunakan krim peluruh kulit yang mengandung AHA maupun retinol (seperti RoC Retinol Actif Pur Anti Wrinkle Tratment) sehingga sel kulit mati bisa luruh tanpa harus menggosok-gosok kulit. Untuk menghindari iritasi kulit, jangan menggunakan krim peluruh kulit atau melakukan scrub Jika Anda menggunakan scrub, jangan gunakan krim peluruh kulit, begitu pula sebaliknya.

MEMOTONG KUTIKULA KUKU
Kutikula adalah bagian kulit di dasar kuku yang berbentuk U. Kutikula berfungsi sebagai benteng pertahanan terhadap bakteri dan jamur. Memotong kutikula bisa melemahkan pertahanan sehingga kuku berisiko terkena infeksi.

Cara Aman
Saat memotongnya, gunakan alat khusus pemotong kutikula (dapat dibeli di salon khusus kuku). Namun, hal ini hanya berlaku untuk kutikula yang terlepas menggantung di samping kuku.

Cara yang Lebih Aman
Jika kutikula terlihat berantakan jangan memotong, menggunting, menguliti, atau merobeknya! Cukup oleskan krim pelembap tubuh ataupun krim pelembap khusus kutikula (seperti Sally Hansen Cuticle Cream). Kemudian, perlahan-lahan tekan kutikula ke belakang dengan tongkat penekan kutikula yang lazim disebut dengan istilah orange stick. Alat ini dapat dibeli di supermarket ataupun salon kuku. Sebelum menggunakan alat pemotong kutikula, sterilkan terlebih dulu dengan alkohol.

MEMOTONG KAPALAN
Kapalan adalah kulit yang menebal dan mengeras. Pada wanita biasanya terbentuk di telapak kaki karena sering menggunakan sepatu yang berukuran terlalu sempit. Banyak orang mengatasi masalah ini dengan pisau yang berbentuk seperti parutan. Ini sangat berbahaya dan berisiko menimbulkan infeksi.

Cara Aman
Ketika melakukan pedikur di salon mints ahli perawatan untuk menipiskan kapalan yang menyeruak dengan menggunakan batu apung.

Cara yang Lebih Aman
Cara di atas tidak 100% aman. Walau di setiap akhir penggunaannya selalu dibersihkan, namun bak perendam kaki yang digunakan di salon juga dipakai oleh banyak orang. Akan lebih baik jika Anda melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan bak perendam pribadi.

Rendam kaki dalam air hangat, kemudian keringkan. Gunakan krim pelembap lalu haluskan kapalan dengan batu apung. Lakukan secara teratur sampai kaki terasa halus dan lembut. Mintalah dokter kulit Anda untuk memberikan resep krim khusus untuk melunakkan kulit kapalan.

SERING MENGGUNAKAN CATOK PELURUS
Untuk mendapatkan rambut lurus sempurna, catok pelurus memang menjadi alat yang paling ampuh digunakan. Tapi, akibatnya, rambut bisa menjadi kering dan rapuh dengan ujung yang pecah-pecah.

Cara Aman
Pastikan, sebelum menggunakan catok, rambut dalam keadaan kering sempurna. Pilihlah catok pelurus yang terbuat dari keramik atau besi berlapis teflon.

Cara yang Lebih Aman
Sebelum rambut dicatok, lapisi tiap bagian batang rambut sampai ke ujungnya dengan pelindung khusus seperti L’Oreal tecni.art Hot Style Iron Finish. Selain melindungi rambut dari panas catok yang sangat tinggi, pelindung ini juga dapat membuat hasil pelurusan bertahan lebih lama dengan hasil akhir yang lebih licin.

Jika Anda menggunakan catok pelurus tiap hari, lakukan proses pelurusan smoothing atau extenso. Berbeda dengan rebonding yang membuat rambut tampak lurus kaku seperti ijuk, hasil pelurusan smoothing atau extenso bisa terlihat lebih natural. Selain itu, rambut pun masih bisa dibentuk dengan berbagai gaya, termasuk gaya gelombang. Usai proses smoothing atau extenso tidak perlu lagi meluruskan rambut dengan catok selama 3-4 bulan. Hasilnya, rambut Anda jadi lebih sehat.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: