tymask.ono

19 May, 2008

De – environtment of Nitrogen

Filed under: Phenomenon — tymask @ 6:12 pm

Selain karbon dioksida yang menjadi sorotan publik sebagai ancaman perubahan iklim, nitrogen juga dianggap membahayakan lingkungan hidup, demikian peringatan dari sejumlah ilmuwan.

“Publik belum tahu banyak soal nitrogen ini, tapi dalam berbagai cara masalahnya sama besarnya dengan karbon. Interaksi nitrogen dengan karbon memunculkan tantangan kebutuhan makanan dan energi rakyat dunia yang membahayakan lingkungan global,” jelas professor James Galloway dari Universitas Virginia bidang lingkungan hiudp.

“Kami mengakumulasikan nitrogen dalam lingkungan hidup berada pada tingkat waspada dan menjadi bukti sama seriusnya dengan karbon dioksida di atmosfer,” kata Galloway yang menjadi penulis topik kedua pada Jurnal Science edisi Jumat.

Sementara itu, nitrogen sendiri bergerak lambat dan tidak membahayakan, dan bahan campuran nitrogen seperti ammonia sudah dilepaskan melalui penggunaan pupuk berbasis nitrogen dan pembakaran bahan bakar fosil berskala besar.

Berbagai bentuk nitrogen mengantarkan pemanasan rumah kaca, kabut asap, hujan asam di zona yang mematikan kehidupan atau tidak ada sama sekali di sepanjang pantai serta menipisnya lapisan ozon di stratosfer, demikian papar para ilmuwan.

Mereka mengajukan berbagai cara untuk mengurangi penggunaan nitrogen mulai dari memerhatikan tanaman dengan pergantian penggunaan nitrogen dari pupuk dan limbah serta mengurangi emisi nitrogen dari pembakaran fosil.(ap/glo)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: