tymask.ono

14 June, 2008

Indonesia, kan selalu ku puja!

Filed under: World best — tymask @ 10:18 pm

Disamping beberapa kekurangan yang sering melekat di tanah air kita Indonesia, namun ada puluhan rekor dunia yang patut kita banggakan sebagai warga negara Indonesia karena sampai saat ini blom ada yang mampu memecahkan rekor tersebut dari Indonesia.

Berikut daftar 24 rekor dunia yang dimiliki Indonesia.

  • Republik Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni).
  • Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dgn luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2).
  • Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia.
  • Pulau Jawa adalah pulau terpadat di dunia dimana sekitar 60% hampir penduduk Indonesia (sekitar 130 jt jiwa) tinggal di pulau yang luasnya hanya 7% dari seluruh wilayah RI.

  • Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku.
  • Negara dengan bahasa daerah yang terbanyak, yaitu, 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia . Bahasa nasional adalah bahasa Indonesia walaupun bahasa daerah dengan jumlah pemakai terbanyak di Indonesia adalah bahasa Jawa.

  • Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Jumlah pemeluk agama Islam di Indonesia sekitar 216 juta jiwa atau 88% dari penduduk Indonesia . Juga memiliki jumlah masjid terbanyak dan Negara asal jamaah haji terbesar di dunia.

  • Monumen Budha (candi) terbesar di dunia adalah Candi Borobudur di Jawa Tengah dengan tinggi 42 meter (10 tingkat) dan panjang relief lebih dari 1 km. Diperkirakan dibuat selama 40 tahun oleh Dinasti Syailendra pada masa kerajaan Mataram Kuno (750-850).

  • Tempat ditemukannya manusia purba tertua di dunia, yaitu : Pithecanthropus Erectus’¬ yang diperkirakan berasal dari 1,8 juta tahun yang lalu.

  • Republik Indonesia adalah Negara pertama yang lahir sesudah berakhirnya Perang Dunia II pada tahun 1945. RI merupakan Negara ke 70 tertua di dunia.
  • Indonesia adalah Negara pertama (hingga kini satu-satunya) yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada tgl 7 Januari 1965. RI bergabung kembali ke dalam PBB pada tahun 1966.

  • Tim bulutangkis Indonesia adalah yang terbanyak merebut lambang supremasi bulutangkis pria, Thomas Cup, yaitu sebanyak 13 x (pertama kali th 1958 & terakhir 2002).

  • Indonesia adalah penghasil gas alam cair (LNG) terbesar di dunia (20% dari suplai seluruh dunia) juga produsen timah terbesar kedua.
  • Indonesia menempati peringkat 1 dalam produk pertanian, yaitu : cengkeh (cloves) & pala (nutmeg), serta no.2 dalam karet alam (Natural Rubber) dan minyak sawit mentah (Crude Palm Oil).
  • Indonesia adalah pengekspor terbesar kayu lapis (plywood), yaitu sekitar 80% di pasar dunia.

  • Terumbu Karang (Coral Reef) Indonesia adalah yang terkaya (18% dari total dunia).
  • Indonesia memiliki species ikan hiu terbanyak didunia yaitu 150 species.

  • Biodiversity Anggrek terbeser didunia : 6 ribu jenis anggrek, mulai dari yang terbesar (Anggrek Macan atau Grammatophyllum Speciosum) sampai yang terkecil (Taeniophyllum, yang tidak berdaun), termasuk Anggrek Hitam yang langka dan hanya terdapat di Papua.
  • Memiliki hutan bakau terbesar di dunia. Tanaman ini bermanfaat ntuk mencegah pengikisan air laut/abrasi.

  • Binatang purba yang masih hidup : Komodo yang hanya terdapat di pulau Komodo, NTT adalah kadal terbesar di dunia. Panjangnya bias mencapai 3 meter dan beratnya 90 kg.

  • Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera adalah bunga terbesar di dunia. Ketika bunganya mekar, diameternya mencapai 1 meter.

  • Memiliki primata terkecil di dunia , yaitu Tarsier Pygmy (Tarsius Pumilus) atau disebut juga Tarsier Gunung yang panjangnya hanya 10 cm. Hewan yang mirip monyet dan hidupnya diatas pohon ini terdapat di Sulawesi.

  • Tempat ditemukannya ular terpanjang di dunia yaitu, Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi.
  • Ikan terkecil di dunia yang ditemukan baru-baru ini di rawa-rawa berlumpur Sumatera. Panjang 7,9 mm ketika dewasa atau kurang lebih sebesar nyamuk. Tubuh ikan ini transparan dan tidak mempunyai tulang kepala.

30 Comments »

  1. Indonesia juga sering mendapat medali emas olimpiade fisika

    satu2nya negara berkembang yang bisa buat pesawat CN-235

    satu2nya negara yang banyak jawaranya

    ilmu magic tersakti didunia ada di tanah Jawa (lebih sakti dari Vodoo-Afrika)

    Negara yang warganya paling banyak akalnya

    Comment by sofyan — 12 September, 2008 @ 9:49 am

  2. Indonsia, negeri muslim terbesar didunia. Tetapi myoritas tersebut, tidak leluasa menjalankan syari’at agamanya. Selalu saja syari’at yang akan diterapkan dalm kehidupan bernegara itu, dihalang-halangi oleh penguasanya… Astaghfirulloh… janji Alloh SWT selalu benar! semoga Alloh memudahkan muslim dinegri ini untuk menjalankan Syari’at secara formal…Amin…

    Comment by 4212 — 21 September, 2008 @ 5:26 pm

  3. Indonesia Negeriku…

    Comment by jaen l A — 17 October, 2008 @ 10:31 am

  4. gw juga suka bangat dengan negara indonesia.. walaupon gw itu orang malaysia

    Comment by abang boyc — 3 November, 2008 @ 3:51 pm

  5. makasi ya!

    Comment by tymask — 3 November, 2008 @ 6:24 pm

  6. gw cinta banget negara ini, tapi kenapa si banyak banget manusia yang secara sadar atau ga gampang banget ngerelain tanah kita ini hanya untuk keuntungan 1-2 tahun kedepan, yang akhirnya kita bisa dirugikan untuk 50 tahun kedepan atau lebih

    Comment by Bayu — 20 November, 2008 @ 9:45 pm

  7. tolong bantu negara kita dengan sadar akan pentingnya warisan tanah negeri ini
    thx all

    Comment by Bayu — 20 November, 2008 @ 9:48 pm

  8. Gw cinta ama Indonesia. Gw pgn Indonesia terutama tim nasional sepakbola Indonesia ( gw pencinta bola ) masuk group piala asia dan dunia dan jadi jawara di level internasional. Ya Allah Ya Rosullalah kabulkan doa kita semua

    Comment by Yayahoox — 23 November, 2008 @ 8:05 am

  9. indonesia tanah air ku
    tapi kenapa banyak orang yg mementingkan kepentingan idividu??? dimana nasionalismu?? kenapa kau tindas orang2 yg tak mampu tidak kah kau ingin membantu mereka?? selamatkan hutan2,hewan2,org2 duafa ,semuanaya agar tak bercerai berai dan hidup damai dengan negri yang kaya akan kekayaan alami ini (^_^).

    Comment by hendro — 15 January, 2009 @ 9:45 am

  10. OH INDONESIA ..TAK HIJAU LAGI HUTANMU,TAK BIRU LAGI LAUTMU,TAK RAMAH LAGI ALAMMU………………..(daripada bengong he he he…

    Comment by rizkal — 19 January, 2009 @ 10:25 pm

  11. Mudah2an aja negara ini tidak digadaikan

    Comment by Winda — 4 March, 2009 @ 2:08 pm

  12. oh indonesiaku…. banyak potensi yang kau miliki tapi tidak bisa kau kelola dengn baik, andai saja SDA itu kau bs atur sendiri mgkn negeri ini bisa hidup mandiri tanpa HUTANG!!! usir para investor asing!!!

    Comment by david — 16 March, 2009 @ 2:27 pm

  13. i love indonesia
    i love persijap jepara
    hidup persijap!!!
    hidup indonesia!!!
    merdeka!!!!
    jiwa ragaku untukmu!!!!

    Comment by david — 16 March, 2009 @ 2:40 pm

  14. aku cinta Indonesia..

    Comment by edz — 16 March, 2009 @ 6:27 pm

  15. i love indo, tp kok bangsanya kagak maju2? katenya beragama? buktinya: korupsi berjamaah!!! hee hee hee

    Comment by baba — 30 March, 2009 @ 9:01 pm

  16. Indonesia itu suatu waktu akan jadi patokan negara di dunia ! no 1

    Comment by ivan — 8 April, 2009 @ 10:04 pm

  17. “IloveYOU INDONESIA
    Indonesia sang pujaan hatiku
    selamanya akan ku banggakan
    dan ku harumkan namamu

    Comment by inuputri — 22 April, 2009 @ 4:48 pm

  18. Aduh bangganya, Seneng deh jadi anak indonesia. Budayanya macem2 terus peninggalan sejarahya banyak lagi. Perlu di jaga dan dilestarikan tuh. jangan sampai diambil negara luar, Rugi dong kita…..

    Ayo Kita jaga dan lestarikan sama-sama, siapa lagi kalau bukan kita Anak-anak indonesia. ya kan…

    I LOVE U FULL INDONESIA.

    Comment by Welly — 14 September, 2009 @ 9:43 pm

  19. indonesia

    jossssssssssssssss!
    banget

    Comment by aang — 3 October, 2009 @ 11:38 am

  20. rekod ke25:
    rakyat indonesia adalah pendatang yang teramai yang menduduki bumi Malaysia samada secara ada permit atau secara haram!

    Comment by Tilpoo — 4 December, 2009 @ 8:24 am

  21. amerika punya spdiderman,superman,bat man.
    indonesia punya mak lampir,pitung,angling darma.

    Comment by levy sujud — 23 December, 2009 @ 4:46 am

  22. hai, saya sedang mencari bahan tentang bengkulu dan saya menemukan blog ini. saya mau minta ijin untuk meng copy gambar tentang Raflesia Arnoldi untuk di post di blog saya http://www.indonesia-tourism.com/blog

    link dari gambar tersebut akan di larikan langsung ke blog ini.

    terimakasih

    felicity

    Comment by felicity — 10 February, 2010 @ 9:44 am

  23. uapikkkkkkk tnannnnnnn

    Comment by lely — 1 May, 2010 @ 4:13 pm

  24. uapik tnannnnnnn

    Comment by lely — 1 May, 2010 @ 4:14 pm

  25. sakabehna gumantung kana kabebasan tong kawengku ku aturan nu nyieun indonesia sundek!!! indonesia nagri anu jembar, jugala!!! rakyana ge kudu someah hade ka semah,,,

    Comment by awien — 7 May, 2010 @ 1:44 pm

  26. urang kudu reeus lahir di nagri anu subur taneuhna heurang caina anapon ayeuna geus saeutik nu masih keneh alami. ayeuna urang salaku sekebangsa kudu ngajaga miara lemah cai urang pikeun anak incu urang supaya teu poekeun obor!!!

    Comment by awien — 7 May, 2010 @ 1:48 pm

  27. ngga lengkap ah…

    Comment by vania artanti — 13 November, 2010 @ 4:58 pm

  28. oke punya nich??
    boleh ea dibantuin untuk menyebarkan blog ini n pasti akan memakai sumber kok,,,,ea???

    Comment by adye3 — 9 December, 2010 @ 2:23 pm

  29. “..Indonesia tanah air beta, tiada bandingnya di dunia..”

    kutipan lagunya bener banget.
    tapi sampai sekarang negeri ini masih diselimuti kebejatan moral.

    suatu hari nanti, kutipan lagu diatas akan benar2 nyata.
    amin

    Comment by deejay — 8 February, 2011 @ 10:24 pm

  30. terlahir jadi Indonesia, matipun harus jadi Indonesia…..

    Comment by renata — 31 March, 2011 @ 8:28 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: