tymask.ono

10 July, 2008

Cara jitu menghemat uang!!

Filed under: Uniquely Manhood — tymask @ 8:07 pm

Kenaikan BBM saat ini cukup memberatkan masayrakat. bayangkan saja jika kita membeli bensin premium dengan 4500 perliter menjadi 6000 perliter. Biasanya 10000 dapet 2 liter lebih sekarang hanya 1.6 liter.

Perubahan harga ini tentunya akan membuat uang kita akan lebih banyak keluar, apalagi dibarengi dengan kenaikan barang-barang lainnya seperti makanan, sandang dan transportasi.

Kenaikan ini membuat kita harus mengencangkan ikat pinggang lebih erat lagi, apalagi penyesuaian gaji/pendapatan tidak kunjung terealisasikan. berbagai cara penghematan tentunya harus dilakukan guna menghemat.

Banyak cara penghematan yang bisa kita lakukan antara lain:

1. Ganti moda tranportasi, kenaiakn yang lebih dari 30% ini akan menarik biaya hidup kita menjaid lebih tinggi lagi. Jika anda memiliki mobil lebih dari 1, sebaiknya jual yang lainnya karena akan menghemat biaya perawatan dan bensin. Jika menggunakan mobil, coba berganti ke motor karena biaya perawatannya mudah selain itu juga lebih irit.

estimasi saving Rp. 14.000.000 /tahun

2. Bawa makanan sendiri, biasanya pekerja kantoran tidak dapat fasilitas makan dan hanya mendapat tunjangan makan. Harga makanan disekitar perkantoran cukup mahal walaupun hanya dikaki lima. Dengan membawa makanan dari rumah selain menghemat juga bisa sesuai dengan selera kita.

estimasi saving Rp. 2.000.000 /tahun

3. Stop shopping, shopping memang mengasyikkan apalagi ketika bepergian dengan teman atau keluarga. Kebiasaan ketika sudah ditempat perbelanjaan adalah kita suka lupa karena terlalu banyak barang yang di display dengan sangat menarik menggoda hati nurani kita. so stop go shopping.

estimasi saving Rp. 10.000.000 /tahun

4. Stop smoking, Untuk anda yang perokok waktunya berhenti, selain untuk melakukan penghematan selain itu juga baik untuk kesehatan, kan bisa lihat tuh di kotak bungkus rokok dan iklan-iklan akan bahaya merokok.

estimasi saving Rp. 1.000.000 /tahun

5. Stop go to cinema, karena mahalnya biaya transportasi sebaiknya urungkan niat untuk menonton. Kalo memang hobi nonton beli DVD/CD movie yang banyak aja terus nontonnya dirumah saja selain menghemat biaya tranportasi juga biaya tiket.

estimasi saving Rp. 500.000 /tahun

Mungkin untuk beberapa point penghematannya kecil tetapi semuanya itu dimulai dari yang kecil. Melakukan ini semua bukan berarti pelit, karena dengan semakin tingginya biaya hidup kedepannya.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: