tymask.ono

12 July, 2008

Let’s visit Brastagi – Sipisopiso – Lake Toba!

Filed under: Tymask Travel Journal — tymask @ 1:49 pm

Teks by Hartono

Foto By Hartono, Dennis and Ripin

Cuka limau masam sekali

Kasih soto soto jadi enak

Jika engkau datang ke Brastagi

Kunjungi Sipiso piso lah sejenak

Kita akan mulai tour untuk hari ini!

Horas Medan!!! Kita telah mendarat sempurna di Bandara Polonia Medan dan sekarang kita akan segera memulai perjalanan kita ke Tanah Batak, Negeri Sejuta Pesona. Perjalanan ini akan mengambil rute Medan – Pancur Batu – Brastagi – Sipiso piso – Medan.

Halo para traveller!!

Saya ono! Dalam Tymask Travelling Services!

Dari hotel kita berangkat pukul 7 pagi dan kita akan menuju kota Brastagi, melewati kota kecil pancur batu dimana kita bisa berhenti sejenak untuk membeli snack – snack untuk ngemil di dalam mobil. Setelah 10 menit menelusuri jalan Jamin Ginting, sampailah kita ke daerah Hash, dimana orang – orang ber Hash ria menelusuri bukit dan hutan ( tren orang medan sekarang). Tapi kita tidak akan stop di sini, karena perjalanan masih panjang, kira – kira 2 jam lagi untuk bisa menikmati sejuknya kota Berastagi.

Perjalanan pun akan terasa “mual” karena kita melewati banyak sekali tanjakan dan tikungan curam untuk mencapai kota Brastagi ini, setelah kira2 1 jam perjalanan, kita akan berhenti ke Greenhill, Bandar Baru!

Sekadar Tahu

Greenhill merupakan sebuah kota kecil, dan disini terdapat GreenHill City, sebuah kota dengan resort, themepark dan perumahan yang dibangun pas disamping theme parknya. Kota ini baru selesai dibangun 2 bulan silam, dan ketika Grand Openingnya, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata kita, Jero Wacik, turut meresmikan pembukaan theme park di kota ini. Suatu gebrakan bagi industri pariwisata Sumatera Utara.

Dengan hanya Rp. 12.500,- kita dapat masuk merasakan serunya Dunia zaman King Arthur, mencoba dan ber spot jantung dalam bianglala dan rollercoasternya. Berbagai permainan anak pun tersedia disini seperti komedi putar dan bom bom car. Merasa lapar setelah bermain seharian, tenang saja, karena disepanjang Jalan Jamin Ginting, Bandar Baru juga terdapat kompleks bergaya minimalis yang memiliki konsep Walk in Food dan ditempati oleh berbagai restoran yang dijamin lezat dan nikmat seperti KFC, Paparons Pizza, CFC, dam restoran2 lainnya.

Jam menunjukkan pukul 13.00 dan kita pun akan kembali melanjutkan perjalanan kita menuju Berastagi. Sesampainya di ujung kota Bandar Baru, kita bisa menikmati lezatnya jagung rebus dan jagung bakar khas masyarakat Bandar baru yang dapat kita temukan disepanjang jalan menuju Brastagi.

Dalam perjalanan ini, kita juga akan melewati pabrik AQUA, merek air minum kemasan yang sudah mendunia tersebut, yang juga menjadi tanda bahwa kita semakin dekat dengan kota Berastagi.

Menjuah – juah!

Taman Hutan Rakyat( Tahura ) menjadi penerima tamu kita sewaktu kita sampai di kota yang terkenal dengan tebunya yang manis. Hutan ini merupakan kawasan hutan hutan lindung yang di dalamnya kita dapat berpetualang layaknya seorang yang tersesa di hutan. Kita juga dapat menemukan banyak gajah sumatera di dalam. Sampailah kita ke Brastagi! Jam menunjukkan pukul 14.30 dan kita akan menginap semalam di Mikie Holiday, sebuah hotel yang menjadi landmark kota Berastagi.

Info Brastagi!

Lebih dari 20 artis mancanegara telah menunjukkan keistimewaannya di panggung Star Theatee, sebuah hall tempat para bintang mandarin seperti JJ Lim, Lee Sheng Jie 183 Club dan Cyndi Wang beraksi. Mikie Holiday juga dikenal sebagai hotel yang menawarkan konsep Resort n Hotel, dimana juga terdapat Funland di dalamnya. Arcade Game, Gokart, Crazy Bull, dan permainan quiz lainnya dapat anda temukan di Hotel yang dibangun 7 tahun silam ini.

Oke, setelah menikmati malam di Berastagi, kita akan menuju ke Kota Berastagi, dan langusng menuju ke Pasar Gundaling( Pasar Buah dan Souvenir khas Berastagi ) yang terletak di inti kota Berastagi. Kita dapat menemukan berbagai macam buah khas Berastagi yang masi segar2 seperti markisa, mangga udang, jeruk madu dan sayur mayur lainnya yang ditanam oleh petani Berastagi. Souvenir yang ditawarkan pun sangat unik seperti baju dengan Landmark Berastagi, ulos Batak dan ornamen2 lainnya. Yang special dari Berastagi adalah kelincinya! Di pasar Gundaling juga dijual kelinci kelinci yang sesuai unutk dipelihara .

Tips : Harus pandai – pandai menawar jika ingin membeli!!

Setelah mandi dan packing, kita akan menuju ke inti dari perjalanan kita Sipiso – piso. Seperti pantun diatas, ke Berastagi memang akan lebih terasa puas jika mengunjungi Air terjun Sipiso piso yang terletak sekitar 15 km dari Berastagi. Dalam perjalanan, kita melewati kota Kabanjahe, ibukota Kabupaten Karo dan sesaat lagi kita akan melihat luarbiasa nya alam Danau Toba ini. Seputar jalan menuju Sipiso – piso, anda dapat duduk snatai di mobil dan menikmati keindahan alam yang luar biasa yang tidak dapat anda saksikan di tempat lain. Kita juga dapat melihat Danau Toba, degan pemandangna yang sangat luar biasa dari atas bukit Tongging ini. Selamat wisata!!!

Setelah kita lelah naik turun ke dasar Sipiso piso, kita pun pulang ke Medan dengan menyisakan sejuta kenangan yang sangat indah dari Tanah Batak ini. Tidak salah juga bahwa Danau Toba menjadi tujuan wisata nomor satu dunia!! Sayangnya kurangnya pengelolaan dan kesadaran masyarakat untuk melestarikan dan mengembangkan daerah ini menjadi sebuah kendala serius yang dialami oleh industri pariwisata di Sumatera Utara. Kita harus mendukung dan berdoa agar Danau Toba dan objek wisata lain di Sumatera Utara dan Indonesia dapat lebih baik ke depan. Mari kita sukseskan Visit indonesia year 2008!!! Merdeka!!

5 Comments »

1. wahahahahaha……….w cuman mo kasi informasi bahwa anda sekalian dapat melihat gambar2 pemandangan berastagi
    d account saya…”Uzumaki Pinz” cari saja d account sim plux…..thx….

Comment by P1nZ — 12 July, 2008 @ 8:55 pm

2. eme
    w pikir comment artikel… promosi pula kaw,,,
    wkwkwk

Comment by tymask — 12 July, 2008 @ 9:09 pm

3. wkwkwkkwkwkwkwkw……….

Comment by P1nZ — 20 July, 2008 @ 7:48 pm

4. saya tidak pernah melupakan tempat ini. ini tempat yang sangat-sangat indah dan mencengangkan. sekita semua rasa sakit, sedih hilang tertelan air terjun yang menerpa.
    Lake Toba

Comment by Lake Toba — 17 May, 2009 @ 5:22 pm

5. hah.. iya mas… rasanya puas dan tenang…