tymask.ono

19 July, 2008

8 Jurus Singkat Memangkas Lemak

Filed under: Health — tymask @ 6:31 pm

1. Pilih Wajan Anti lengket
Menumis di wajan antilengket, sama sekali tidak membutuhkan minyak. Kalaupun ingin memakai minyak, gunakan botol yang memiliki sprayer di ujungnya. Semprotkan sekadarnya di atas teflon. Umumnya, jika resep menganjurkan menggunakan 1 sendok makan minyak, bisa diturunkan menjadi 2 sendok teh saja. (1 sdm = 3 sdt).

2. Gunakan Produk Rendah Lemak
Makanan full lemak memang enak. Namun, sebaiknya pilih yang kadar lemaknya sudah dikurangi (reduced-fat). Rasanya tetap enak, namun lebih sehat. Dalam kemasan, biasanya tertera keterangan tersebut.

3. Batasi Penggunaan Kuning Telur
Mengurangi jumlah kuning telur hingga 25-30 persen saat memasak dapat mengurangi lemak. Masakan Anda pun akan tetap lezat. Misalnya, saat membuat scrambled egg. Kalau biasanya menggunakan 3 butir telur, singkirkan 1 kuning telur. Nah, sarapan Anda tetap lezat, kan?

4. Pilih Menu Udang
Dalam hitungan menit, udang dapat dihidangkan. Misalnya, ditumis atau direbus sebagai santap malam yang sehat dan lezat. Lama memasak tergantung ukuran udangnya. Tapi umumnya, saat udang memerah itu pertanda sudah matang.

5. Tambahkan Bumbu
Remnpah bisa memeriahkan rasa masakan Anda. Selain itu, juga mengusir lemak dan kalori. Misalnya, beri perasan lemon, jeruk nipis atau jeruk biasa pada sayuran. Bisa juga menaburkan tarragon di atas salad. Jika memasak dengan sejumlah rempah, pastikan penggunaannya di akhir memasak agar rasanya tidak hilang.

6. Variasikan Sayur & Buah
Menyantap makanan sehat dan kaya serat akan membantu diet. Anda akan merasa kenyang tanpa tambahan lemak. Coba biasakan membanjiri masakan Anda dengan aneka sayuran setiap hari. Dengan begitu, keluarga Anda pun terbiasa dengan pola makan sehat. Di antara waktu makan, suguhkan pula buah-buahan. Cobalah ke pasar terdekat untuk mencari sayur atau buah baru. Libatkan anak-anak untuk memilih buah kesukaannya. Atau, ajak mereka sekalian untuk menanamnya di kebun Anda.

7. Camilan Ringan Usai Sekolah
Jangan lupakan camilan sehat untuk Si Kecil. Coba masukkan buah stroberi dalam campuran reduced-fat yoghurt dan brown sugar. Rasanya pasti segar. Ajaklah Si Kecil untuk membuatnya. Lalu beri nama camilan buatan Anda bersama dengan nama kesukaannya. Ini akan membuat anak merasa lebih dekat dengan hidangan tersebut.

8. Biasakan Memasak dengan Cara Dikukus & Dipanggang
Masakan yang digoreng memang lebih lezat. Ikan goreng, misalnya. Tapi coba bayangkan berapa banyak minyak yang terserap ke dalam ikan selama proses penggorengan itu. Coba mulai sekarang matangkan bahan makanan dengan cara dikukus atau dipanggang, pasti lebih sehat. Apalagi, kalau Anda menyediakan sambal sebagai pelengkapnya. Tentu, sambalnya pun jangan digoreng.

sumber: kompas.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: