tymask.ono

27 April, 2009

Awas Flu Babi!!

Filed under: Health — tymask @ 10:32 am

Flu Babi Ancam Dunia !!! Flu babi yang sepekan terakhir menggegerkan Meksiko dan Amerika Serikat memiliki potensi menjadi pandemi dunia. Sampai Minggu (26/4) kemarin sudah menewaskan 81 orang dari 1.004 orang yang diduga terjangkit di Meksiko. Sedangkan di Amerika Serikat belum ditemukan korban jiwa, namun sedikitnya 8 orang sudah terinfeksi.

Dahsyatnya serangan wabah penyakit ini membuat pemerintah Meksiko harus melakukan penutupan sementara sekolah hingga 10 hari ke depan. Selain sekolah, sejumlah fasilitas publik seperti museum, perpustakaan, dan bioskop juga ditutup untuk mencegah penyebaran virus. Pemerintah Meksiko saat ini mewajibkan warganya menggunakan masker penutup hidung sebagai antisipasi penyebaran virus.

[Image: fluj.jpg]

Para pakar pengendali penyakit masih berupaya mencari jalan dalam mengatasi wabah flu babi serta dugaan kasus ini ada di negara lain. Keterangan diperoleh dari Departemen Kesehatan Meksiko, flu babi yang disebabkan virus berjenis H1N1 memiliki sejumlah gejala, antara lain demam di atas 39 derajat Celsius, sakit kepala, pegal linu, dan iritasi mata. Sampai saat ini belum ada vaksin yang spesifik mampu melindungi tubuh manusia dari flu tersebut.

Flu babi merupakan tipe baru flu gabungan antara virus babi, manusia, dan unggas. Flu ini adalah penyakit pernapasan yang biasa menjangkiti babi. Ada banyak jenis flu babi dan seperti flu pada manusia penyakit ini secara konstan berubah.

Sebenarnya, flu babi tidak menjalar pada manusia, meski kasus sporadis juga terjadi dan biasanya pada orang yang berhubungan dengan babi. Catatan mengenai kasus penularan dari manusia ke manusia juga sangat jarang. Penularan manusia pada manusia flu babi diperkirakan menyebar seperti flu musiman melalui batuk dan bersin. Dalam wabah yang kini terjadi belum jelas apakah penyakit itu ditularkan dari manusia ke manusia. Gejala flu babi pada manusia tampaknya serupa gejala flu musiman biasa

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: