tymask.ono

22 May, 2009

Ingatlah sampai kamu mati!

Filed under: Motivation — tymask @ 8:28 pm

Tiga Saringan
socrates

Suatu hari seorang pria berjumpa dengan Socrates dan berkata, “Tahukah kamu apa yang baru saja saya dengar mengenai salah seorang teman kita?”

“Tunggu sebentar,” jawab Socrates. “Sebelum Anda memberitahu saya tentang hal itu, saya ingin Anda melewati sebuah test yang dinamai Tiga Saringan.”

“Tiga saringan?” tanya pria tersebut.

“Betul,” Socrates menjawab, “Sebelum Anda mengatakan kepada saya mengenai teman kita, saya akan menyaring terlebih dahulu apa yang akan Anda katakan. Itulah kenapa saya sebut sebagai Tiga saringan.”

“Apa saja Tiga saringan itu?”, desak pria itu.

“Saringan yang pertama”, Socrates menjelaskan, “adalah KEBENARAN. Sudah pastikah bahwa apa yang akan Anda katakan kepada saya tentang teman kita itu adalah hal yang benar?”

“Saya tidak tahu,” kata pria tersebut, “Sesungguhnya saya baru saja mendengarnya dan ingin memberitahukannya kepadamu.”

“Baiklah,” kata Socrates. “Jadi Anda sungguh tidak tahu apakah hal itu benar atau tidak. Sekarang mari kita coba saringan kedua, yaitu KEBAIKAN. Apakah yang akan Anda katakan kepada saya mengenai teman kita tersebut adalah se-suatu yang baik?”

“Tidak, malahan sebaliknya. Saya akan menceritakan suatu kabar burung yang buruk tentangnya.”

“Jadi,” kata Socrates lagi, “Anda ingin mengatakan kepada saya sesuatu yang buruk mengenai dia, tetapi Anda tidak yakin kalau hal itu benar. Mari kita coba test terakhir, siapa tahu yang ini berhasil, yaitu KEGUNAAN. Apakah yang ingin Anda beritahukan kepada saya tentang teman kita ini akan berguna buat saya?”

“Tidak, saya pikir tidak,” jawab pria tersebut.

“Kalau begitu,” simpul Socrates, “Jika apa yang ingin Anda beritahukan kepada saya tidak benar, tidak juga baik, bahkan tidak berguna untuk saya, ke-napa Anda ingin menceritakannya kepada saya? Ibarat sebuah anak panah yang telah melesat dari busurnya dan membunuh jiwa yang tak bersalah, seperti itu-lah kata-kata yang telah terucap, yang menyakiti hati seseorang. Keduanya, anak panah maupun kata-kata celaan yang telah diucapkan itu, tidak pernah bisa ditarik kembali. Jadi sebelum berbicara, sebaiknya gunakan Tiga Saringan.”

1 Comment »

  1. mantap boss

    Comment by digikid — 8 July, 2009 @ 7:42 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

