tymask.ono

15 April, 2010

Goldcoast, Bali in Australia!

Filed under: Tymask Travel Journal — tymask @ 5:52 pm

Gold coast – Bali in Australia

Salam Travel!! Berjumpa kembali dalam jalan-jalan bersama Tymask! Kali ini kita akan travelling ke Goldcoast , Australia! Hmm.. Penasaran bukan? Untuk itu ayo kita telusuri serunya Goldcoast!

Di mata dunia, Goldcoast terkenal sebagai salah satu daya tarik Australia, selain Opera House dan Ayers Rock. Bahkan, para wisatawan pun tak heran menjuluki Goldcoast sebagai Bali-nya Australia, karena keindahan pantai dan kehidupan malam yang beragam. Sebelum kita berjalan lebih lanjut, ada baiknya kita menyimak sedikit sejarah dari Goldcoast sendiri.


Goldcoast merupakan kota pesisir yang mengandalkan sektor turisme sebagai andalan ekonominya. Menurut penduduk setempat, konon daerah Goldcoast dulunya bernama South Coast, tapi kebanyakan orang lebih memilih nama “Gold Coast” yang menggambar keindahan pantai disini. Lalu pembangunan di bidang kepariwisataan pun mulai dikerjakan pada awal 1900 dan mencapai puncak di tahun 2005, dimana gedung tertinggi di Australia, Q1 Builiding yang memiliki tinggi 322.5 meter, diresmikan dan menjadi salah satu daya tarik tambahan di Gold Coast. (Gambar : Wikipedia)

Oke.. Kali ini Sydney menjadi homebase kita untuk memulai perjalanan yang mengasikkan ini. Bertolak dari Bandara Kingsford Smith, Sydney, perjalanan akan menempuh waktu sekitar 75-90 menit. Setelah mengambil bagasi, kita pun langsung menuju ke pusat informasi turis, untuk membooking transportasi menuju hotel dan tempat- tempat rekreasi. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari bandara, rombongan kami pun sampai dan bermalam di Courtyard Marriot Hotel yang terletak di Surfers Paradise, yang merupakan inti kota dimana pusat perbelanjaan, souvenir, pantai, dan kuliner dapat kita temukan disini.

Anda juga tidak perlu khawatir tentang makanan, karena Goldcoast juga dikenal dengan keanekaragaman kulinernya seperti masakan Thai, Vietnam, Jepang, Chinese Food, Korea, Lebanese, dan India. Setelah istirahat sebentar di hotel, kami pun meneruskan perjalanan ke pantai Goldcoast. Hanya dengan berjalan kaki sekitar 5 menit, kami pun tiba di pantai dan menikmatinya dengan berfoto-foto dan bermain beach soccer.

Akhirnya kami mengerti mengapa pantai ini dijuluki Surfers Paradise, yaitu dikarenakan keindahan dan ketinggian ombak yang membuatnya menjadi surga para peselancar.

Apakah Goldcoast hanya sekedar pantai?

Tidak bisa dipungkiri lagi kalau Surfers Paradise merupakan salah satu pantai terbaik dunia, tapi apakah Goldcoast hanya terkenal dengan keindahan pantainya? Dan jika anda berkata ya, maka anda harus berpikir ulang, karena dunia rekreasi sesungguhnya berada 20 menit dari pusat kota Goldcoast, yaitu Dreamworld dan Movieworld.

Dream World

Dreamworld adalah sebuah taman rekreasi yang menjadi surga bagi pecinta extreme ride, dimana salah satu permainannya, Giant Drop, adalah permainan terjun bebas tertinggi di dunia!

Dengan tinggi 119 meter, atau setara dengan bangunan 39 lantai, anda akan merasakan sensasi yang luar biasa ketika duduk dan diangkat secara perlahan keatas, lalu dijatuhkan dengan kecepatan 135mil/jam! Bukan hanya itu, permainan lain seperti The Claw (Pendulum raksasa yang berputar hampir 360 derajat) dan Wipe out, juga menjadi menu wajib bila berkunjung ke Dreamworld.

Permainan ekstrim bukan hanya menjadi daya tarik bagi pengunjung, tetapi juga permainan air, Whitewater World, merupakan tempat bagi cara pencinta permainan air, seperti seluncuran air Green Room dan The Octopus, dimana kita dapat merasakan sensasi permainan air yang digabung dengan permainan ekstrim, serta kolam renang raksasa yang berbentuk seperti bibir pantai dan memiliki sistem ombak yang unik.

Menurut saya, memang Whitewater World tidak seseru permainan ekstrim seperti Giant Drop, dikarenakan daerah ini tergolong masih baru, dan masih ada proyek-proyek besar yang sedang dibangun, namun kedua tempat rekreasi ini harus anda kunjungi jika anda berkunjung ke Gold Coast.

Warner Brothers Movie World

Petualangan Goldcoast belum berakhir sampai disini, karena Movieworld, yang berjarak hanya sekitar 1 km dari Dreamworld, juga merupakan tempat yang harus dikunjungi di Gold Coast. Movieworld merupakan theme park yang menyajikan suasana film ala Hollywood, yang juga merupakan studio pembuatan film.

Harus diakui, taman ini memang sangat spektakuler, karena semua desain dan tata ruangnya dirancang menyerupai film-film yang kita tonton di layar kaca atau bioskop, contohnya Batman Returns dan Superman, dimana semua hal yang berhubungan dengan kedua film tersebut, seperti Gotham City, dapat anda temukan disini dalam ‘bentuk’ yang berbeda.

Permainan yang disajikan pun terinspirasi dari karakter-karakter film, seperti Batwing Spaceshot yang menyerupai Giant Drop, namun sistemnya adalah dengan melempar kita keatas dan menurunkan secara perlahan; Scooby Doo Spooky Coaster, dimana kita akan dibawa dengan kereta bawah tanah menelusuri keangkeran dunia Scooby Doo; dan Superman Escape, roller coaster yang membuat sensasi gravitasi yang unik, yaitu dengan berakselerasi dari 0 kmh ke 100 kmh dalam 2 detik!


Hollywood juga telah mengutus beberapa stuntman terbaiknya untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam Hollywood Stunt Driver.

Mereka akan menampilkan cara pembuatan film, yang ditonton langsung oleh pengunjung dengan atraksi-atraksi drifting yang ekstrim yang pasti akan memukau kita semua.

Selain itu, Movieworld juga terkenal dengan pusat souvenir yang pasti tidak akan anda lewatkan. Karakter-karakter seperti Shrek, Pinochio, dan Looney Tunes juga dapat dinikmati pengunjung anak-anak beserta keluarga.

Masi bersemangat menelusuri Goldcoast? Itu merupakan suatu keharusan! Karena masi ada banyak tempat yang patut anda kunjungi seperti Sea World, Wet n Wild, dan pemandangan eksotis dari hutan hujan tropis yang menjadi ciri khas dari Goldcoast. Setelah 4 hari berlibur ke Goldcoast, kami serombongan pun pulang ke Sydney dengan rasa puas dan kembali berkutat dengan rutinitas kami sebagai pelajar Indonesia yang berkuliah di Sydney.

Jika dibandingkan dengan pariwisata di Indonesia, memang pariwisata dalam negeri masih kalah jauh dalam segi pelayanan dan kualitas servis, tapi kalau dalam segi kualitas dari keragaman pariwisata serta suasana yang sederhana, Indonesia masih menyimpan sejuta pesona dan eksotisme yang patut kita telusuri lebih lanjut, kembangkan, dan lestarikan! Pemerintah kiranya juga dapat mendukung terus dan serius dalam memajukan industri pariwisata tanah air. Maju terus pariwisata Indonesia!


By: Hartono Moe

2 Comments »

  1. ono… itu bknnya harusnya warner bros y? koq warner brothers?

    Comment by m.florencia — 15 April, 2010 @ 6:27 pm

  2. warner bros = warner brothers.. haha

    Comment by tymask — 15 April, 2010 @ 6:33 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: